Iklan

Menyetem Gitar

Menyetem Gitar
Gitar kamu harus disetel sebelum dimainkan. Penyeteman Gitar dilakukan dengan cara mengetatkan atau melonggarkan senar Gitar guna menaikkan atau menurunkan nada yang cocok sesuia urutan Senar. Ada tiga cara untuk menyetel gitar-mu.

  • Kamu dapat menyetel gitar dengan menggunakan elektronik tuner 
  • Kamu dapat menyetel gitar dengan "telinga" menggunakan senar gitar lainnya, 
  • Kamu dapat menyetel gitar ke keyboard.

Menyetem Gitar dengan electronik tuner
Banyak Elektronik Tuner yang dijual dipasaran, kamu tinggal pilih sesuai kebutuhan dan tinggal mengikuti petunjuk penggunaan dari alat tersebut.

Meyetem Gitar dengan pendegaran
Kamu juga dapat menyetel gitar dengan cara mendengarkan senar gitar lain dan menyetel setiap senar ke senar lainnya. Inilah prosesnya.

  • Letakkan jari kamu pada fret kelima dari senar keenam. Sekarang, mainkan/genjreng senar keenam dan senar kelima terbuka (loss tanpa ditekan). Dengarkan nada dar kedua senar tersebut. Jika senar kelima terbuka terdengar nada lebih rendah dari senar keenam, maka kencangkan tombol tuning senar kelima hingga kedua nada itu cocok. Jika senar kelima terbuka terdengar lebih tinggi daripada not pertama (senar keenam), maka kendurkan tombol tuning string kelima. yang harus kamu lakukan adalah selalu menyesuaikan (mengencangkan atau mengenderkan) senar terbuka, bukan string yang yang di tekan.
  • Selanjutnya, mainkan fret kelima pada senar kelima dan senar keempat terbuka (loss/tanpa di tekan). Dengarkan dua nada yang dihasilkan dengan hati-hati dan sesuaikan senar keempat yang terbuka.
  • Mainkan senar keempat di fret kelima. Dengarkan dan sesuaikan senar ketiga yang terbuka.
  • Untuk menyetel senar kedua, mainkan string ketiga pada fret keempat dan sesuaikan senar kedua yang terbuka. Hanya senar ini yang tidak menggunakan fret kelima sebagai referensi.
  • Terakhir, mainkan senar kedua yang menekan kembali fret kelima dan sesuaikan senar pertama yang terbuka.

Lihat gambar di bawah ini:





BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner