Bayar Listrik, Isi Pulsa, Bayar Tagihan Apapun Kini Ada Dalam Genggaman Tangan

Penulis : Anindita P. (989414218)
MTBD 2014 Proyek E-Commerce
MPOSPAY : Transaksi PosPay dalam Genggaman Tangan

Pos Indonesia telah memiliki layanan Kantor Pos mobile berbasis aplikasi yang dapat diinstall dan diakses melalui smartphone. Namun bila sebelumnya aplikasi ini sekedar menjalankan fungsi lacak kiriman, cek tarif dan pencarian kodepos, kini transaksi layanan keuangan atau PosPay pun bisa dilakukan. Menu ini diberi nama MPOSPAYyang merupakan kependekan dari mobile Post Payment.
Buka aplikasi Kantor Pos kemudian pilih menu MPOSPAY Pengguna wajib login terlebih dahulu untuk mengakses layanan ini. Atau lakukan registrasi jika belum memiliki account untuk login.Saat ini layanan yang tersedia di MPOSPAY terbagi menjadi tiga, yaitu pengiriman uang, transfer dan pembayaran. 
Pengiriman uang merupakan layanan yang memungkinkan pengguna mengirimkan wesel tanpa harus datang ke Kantor Pos. Cukup pastikan kita memiliki saldo yang cukup sesuai jumlah wesel yang akan dikirimkan tentu saja ditambah biaya pengiriman. Sedangkan fasilitas transfer memungkinkan kita mengirimkan saldo antar sesama pemilik account MPOSPAY . Jika saja pengguna MPOSPAY bisa melakukan tarikan tunai di loket Kantor Pos maka layanan ini praktis dapat menggantikan fungsi kartu ATM.
Beralih ke menu Pembayaran. Hingga saat ini jika mengklik menu Pembayaran maka kita akan disuguhi beberapa pilihan layanan yaitu,

1. PDAM
2. Multifinance
3. Telekomunikasi
4. PLN

Layanan PDAM memudahkan kita melakukan pembayaran tagihan air. Mengingat aplikasi mPosPay masih dalam tahap awal pengembangan maka saat ini layanan tersebut baru terbatas di area Jawa Barat dan Jawa Timur. Untuk layanan multifinance kita dapat melakukan pembayaran cicilan Adira dan FIF.
Sedangkan layanan telekomunikasi memungkinkan kita membayar tagihan telepon rumah (
fix line). Begitu juga dengan pengguna telepon selular, aplikasi MPOSPAY dapat digunakan untuk membayar tagihan pascabayar berbagai provider selular. Pengguna layanan prabayar tidak perlu khawatir karena menu pembelian pulsa juga tersedia.
Berikutnya menu pembayaran yang diperuntukkan bagi pelanggan PLN. Menu pembayaran PLN ini terbagi menjadi tiga. Yaitu pembayaran tagihan PLN, pembelian token PLN dan juga pembayaran PLN nontaglis.


Bagaimana Cara Registrasi MPOSPAY ?
Untuk menikmati layanan MPOSPAYterlebih dahulu unduh dan install aplikasinya di smartphone kita. Saat ini baru dapat digunakan oleh pemilik OS Android. Bagi pemilik Windows dan iOS nampaknya masih harus bersabar dulu menunggu aplikasi ini bisa digunakan di smartphone masing-masing. Installer atau apk MPOSPAY bisa diunduh lewat jaringan internal Pos Indonesia melalui link berikut ini,

Setelah terinstall jalankan aplikasi, pilih menu MPOSPAY lalu pilih registrasi. Isi dengan lengkap dan akurat semua data-data yang diperlukan. Password digunakan setiap akan login ke layanan MPOSPAYsedangan passcode digunakan setiap akan bertransaksi. Question atau pertanyaan digunakan sebagai keamanan. Beri centang di kolom “Saya Menyetujui” dan klik “Registrasi”.

Tunggu SMS notifikasi masuk ke nomor handphone yang kita daftarkan untuk mendapat kode aktivasi. Klik tombol aktivasi, masukkan kode aktivasi dan kita sudah resmi memiliki account MPOSPAY .

Bagaimana Cara Mengisi Saldo MPOSPAY ?
Sudah punya account MPOSPAY dan tidak sabar ingin segera menggunakannya? Datang dulu ke Kantor Pos, isi formulir setoran giro mPosPay lalu serahkan ke petugas loket. Atau pengguna juga bisa saling berbagi saldo melalui menu transfer.
Di Kota Bandung sendiri lokasi Kantor Pos yang bisa digunakan untuk mengisi saldo MPOSPAYyaitu di KP Cihapit, KP Cilaki dan KP Asia Afrika. Di beberapa kota besar juga sudah ada Kantor Pos yang bisa melayani pengisian saldo MPOSPAY. Mengenai daftar Kantor Pos yang sudah bisa melayani pengisian saldo bisa langsung dikonfirmasikan melalui PIC MPOSPAY.

 Dalam waktu dekat rencananya akan dilakukan launching aplikasi MPOSPAY secara nasional. Inilah salah satu inovasi terbaru dari PT Pos Indonesia yang makin memudahkan masyarakat dalam bertransaksi berbagai macam layanan keuangan.
BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner