Iklan

Jaringan Kantor Pos, BRI, Minimarket, JNE, Siapa Lebih Kuat?

Kekuatan Jaringan Kantor Pos, BRI, Minimarket dan JNE

Siapa lebih kuat?

Salah satu keunggulan kompetitif entitas bisnis terhadap pesaingnya adalah kekuatan jaringan. Beberapa entitas bisnis yang mempunyai jaringan luas dalam perusahaan kurir adalah Pos dan JNE. Perbankan yang dikenal sangat ekspansif mengembangkan jaringannya adalah BRI. Selain itu perusahaan peritel juga sangat getol memperluas jangkauan bisnisnya bahkan terkesan adu cepat dengan pesaingnya adalah jaringan minimarket.
Marilah kita llihat dari beberapa perusahaan yang terkenal mempunyai jaringan luas, siapa yang terkuat dari mereka?

PT Pos Indonesia

Perusahaan BUMN yang bergerak dalam jasa kurir dan layanan keuangan ini dikenal mempunyai jaringan luas sampai ke pelosok Nusantara. Bahkan sebelum perusahaan lain memperluas network nya perusahaan inilah yang menjadi pionir nya. Unit PT Pos Indonesia yang berada di kabupaten/kota dinamakan Kantor Pos, sedangkan yang berada di kecamatan-kecamatan disebut kantor pos cabang (Kpc). Selain itu, ada juga unit yang merupakan outlet keagenan kerjasama dengan mitra yang disebut Agen Pos. Jaringan PT Pos Indonesia tersebar mengikuti wilayah pemerintahan. Meskipun di wilayah tersebut secara bisnis tidak memenuhi persyaratan adanya kantor pos tapi tetap saja didirikan kantor pos. Tidak lain karena memang PT Pos Indonesia mempunyai kewajiban sosial sebagai agen pembangunan yang diamanatkan oleh Pemerintah.

BRI

Perbankan berstatus BUMN ini dikenal sebagai bank yang terkenal gencar memperluas jaringannya. Belum ada bank besar lain yang beroperasi sampai ke kecamatan sampai desa, BRI telah membangun BRI Unit di kecamatan-kecamatan. Bahkan saat ini BRI telah menelurkan outlet yang langsung berhadapan dengan nasabah yang disebut Teras BRI. Berbeda dengan PT Pos Indonesia, dalam membangun outlet baru BRI mempertimbangkan aspek bisnisnya. Dalam satu wilayah bisa saja terdapat dua kantor BRI sesuai dengan potensinya. Sebaliknya, tidak semua wilayah ada kantor BRI nya. Ekspansi BRI ini tidak terlepas dari kebijakan bisnis BRI yang menggarap bisnis mikro yang nasabahnya berada di wilayah-wilayah rural.

Jaringan Minimarket

Ekspansi jaringan minimarket sangat masif. Bahkan kompetisi diantara mereka sangat kasat mata. Sudah menjadi rahasia umum persaingan antara minimarket grup antara Indomaret dan Alfamart. Tapi ekspansi mereka terhambat dengan kebijakan pemerintah daerah yang membatasi keberadaan minimarket di daerahnya dengan pertimbangan untuk melindungi toko-toko kecil.

Kurir JNE

Perusahaan kurir ini juga dikenal sangat agresif mengembangkan jaringannya melalui sistem agensi. Bukan hanya memperluas jaringan, JNE juga mengembangkan portofolio bisnisnya yang semula dikenal sebagai perusahaan kurir namun saat ini merambah melayani jasa keuangan.

Inilah kekuatan jaringan kantor pos, BRI, Minimarket dan Kurir

PERUSAHAAN
JUMLAH JARINGAN OUTLET
KETERANGAN

PT POS INDONESIA

4.391 Kantor Pos Online
28.960 Agenpos
Menerima layanan kurir dan layanan jasa keuangan,
keagenan, ticketing

BRI

10.200 kantor cabang/unit Menerima layanan perbankan

Minimarket

Indomart 11.400 gerai Toko ritel, PPOB, ticketing
Alfamart 10.666 gerai Toko ritel, PPOB, ticketing
Alfamidi 977 gerai Toko ritel, PPOB, ticketing
Lawson 38 gerai Toko ritel, PPOB, ticketing
Dan+Dan 74 gerai Toko ritel, PPOB, ticketing
7-Eleven 183 gerai Toko ritel, PPOB, ticketing
Circle K 600 gerai Toko ritel, PPOB, ticketing
Bright 310 gerai Toko ritel, PPOB, ticketing
SuperIndo 200 gerai Toko ritel, PPOB, ticketing

JNE

350 agen/cabang Menerima layanan kurir dan PPOB
BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner