Iklan

Iklan YouTube yang Paling Banyak Ditonton tahun 2015

Google merilis iklan YouTube paling berkesan pada paruh kedua 2015.  Musik dan komedi adalah dua kategori yang paling memberikan kesan untuk penonton di Indonesia.
Berikut 10 Iklan Paling Laris di YouTube:

1. Oreo - Penuh Keajaiban
2. Nestle KitKat - Mentok The Legend: Pendekar Golok Emas
3. Permohonan Maaf CEO Bukalapak.com
4. Line: Lets Get Rich
5. Hewan Lucu Ini Menjelajah Berbagai Hal dengan UC Browser
6. Misteri Hilangnya Kompas TV
7. Samsung Galaxy Note5
8. Emirates#Hello Jetman
9. K-Food Minidrama
10. Traveloka

Iklan-iklan tersebut telah ditonton oleh ratusan ribu bahkan jutaan orang. Apa keistimewaan beriklan di YouTube? “Di YouTube, feedback akan langsung ada, dan hasil akan juga terlihat. Berbagai macam target iklan bisa dilakukan untuk semua segmen, dan ini tentu akan sulit bila di medium lain,” papar Tony Keusgen, Country Director di Google Indonesia, dalam keteranganya, Rabu (13/1) yang dimuat media Republika Online.
Beriklan di YouTube mempunyai beberapa keuntungan jika dibandingkan dengan melalui televisi, yaitu:
  • Beriklan di YouTube biayanya relatif lebih murah bahkan bisa gratis jika kita tidak mengambil iklan berbayar. Sedangkan beriklan di televisi membutuhkan biaya yang jauh lebih mahal apalagi di jam-jam utama atau yang disebut prime time yaitu iklan yang ditayangkan pada pukul 19.00 - 21.00.
  • Beriklan di YouTube akses tak terbatas ke seluruh dunia yang terhubung jaringan internet, tanpa mengenal waktu kapanpun bisa diakses oleh masyarakat. Kalau beriklan di televisi hanya dapat diakses saat iklan ditayangkan saja.
Dilihat dari aspek penonton, beriklan di televisi ada unsur paksaan. Mau tidak mau penonton harus melihat iklan karena itulah yang sedang ditayangkan oleh stasiun televisi. Kalaupun tidak suka penonton akan pindah channel ke stasiun televisi yang lain.
Jika beriklan di YouTube penonton lah yang lebih aktif disini, dia punya kendali penuh apakah mau mengakses iklan kita atau tidak.
Dengan karakteristik yang demikian maka memasang iklan di YouTube harus benar-benar atraktif sehingga menarik minat masyarakat untuk mengakses iklan yang dibuat. Jika iklan tidak menarik maka dengan mudah akan diabaikan begitu saja oleh penonton.

Dari 10 Iklan paling banyak ditotonton di YouTube ternyata iklan yang bergenre komedi/humor dan musik menjadi favorit pemirsa. Hal ini bisa dilihat dari contoh video iklan berikut: