Iklan

Cara Melacak Kiriman Barang dan Uang via Kantor Pos

Cek status kiriman paket dan kiriman uang yang dikirim melalui Kantor Pos saat ini bisa mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja. Cek resi kiriman pos baik kiriman barang maupun kiriman uang dilakukan melalui situs web resmi yang disediakan PT Pos Indonesia yaitu www.posindonesia.co.id.

Begini cara mudah lacak kiriman Pos Indonesia

Sebelum mau melacak status kiriman kita pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui nomor kiriman terlebih dahulu. Nomor kiriman dalam resi yang dikiriman via Kantor Pos seperti ini:

Melihat nomor resi kiriman

Kiriman barang di Pos Indonesia dibagi menjadi dua jenis yaitu kiriman domestik (dalam negeri) dan kiriman internasional. Layanan yang ada dalam kiriman domestik  terdiri dari kiriman kilat khusus, express, kilat dan tercatat dalam negeri. Kiriman biasa yang menggunakan Perangko saat ini tidak bisa dilakukan pelacakan karena tidak mempunyai nomor barcode atau nomor resi kiriman. Begini melihat nomor resi kiriman Pos.

 
Resi Kiriman Kilat Khusus

Resi Kiriman EMS
Resi Kiriman Surat Tercatat Luar Negeri
Resi Kiriman Paketpos Luar Neger
Kiriman dokumen atau barang ke luar negeri dengan layanan EMS resi ada kode EE, kiriman tercatat luar negeri kode RR dan kiriman paketpos luar negeri kode CP. Seluruh  nomor resi layanan internasional di akhiri kode ID yang menunjukkan kiriman berasal dari Indonesia. Pada saat menginput nomor resi untuk lacak kiriman semua kode-kode tersebut harus ikut dituliskan.

Bukti setor kiriman uang
Untuk lacak kiriman uang (weselpos/remittance) yang diinput bisa NTP (nomor transaksi pusat) atau nomor resi.

Melakukan cek kiriman di website Pos Indonesia

Setelah nomor resi diketahui, langkah selanjutnya adalah melakukan akses ke website resmi PT Pos Indonesia dengan alamat situs www.posindonesia.co.id
Tampilan website Pos Indonesia
Selanjutnya lihat pada bagian jejak lacak:
Tampilan service lacak kiriman
Jika kita ingin melacak kiriman barang jangan lupa memberi tanda pada kolom "surat dan paket". Jika ingin melacak kirim uang, maka kolom yang kita beri tanda adalah "keuangan". Selanjutnya masukkan nomor resi yang benar dan klik CARI KIRIMAN.
Sama prosedurnya dengan melacak kiriman barang, jika kita ingin melacak kiriman uang maka yang diklik adalah kolom "Keuangan"


Hasil Pelacakan

Hasil pelacakan akan muncul sebagai berikut:
Hasil jejak lacak kiriman uang

Hasil jejak lacak kiriman barang