-->

Adsense Right Sidebar

Iklan

Kode Pos Kabupaten Tangerang

Tentang Kabupaten Tangerang


kabupaten tangerang

Kabupaten Tangerang, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Banten. Ibukotanya adalah Tigaraksa. Kabupaten ini terletak di sebelah barat Jakarta tetapi tidak berbatasan langsung dengan wilayah Jakarta terutama Jakarta barat. Karena setelah terjadi pemekaran maka yang berbatasan langsung dengan area Jakarta adalah daerah Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Wilayah Tangerang ini memang terbagi menjadi tiga bagian yaitu Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan atau Tangsel. Tangerang baik kabupaten dan kota dan Tangerang Selatan masuk dalam konsep Jakarta Metropolitan di samping Bogor, Depok dan Bekasi atau biasa kita sebut kawasan Jabodetabek. Dan juga masuk dalam konsep terbaru yaitu Megapolitan Jakarta dengan ditambah wilayah Cianjur sehingga menjadi Jabodetabekjur atau Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi Cianjur. Masyarakat di Kabupaten Tangerang memiliki kultur budaya campuran antara budaya Betawi dan budaya Priangan. Masyarakat Kabupaten Tangerang berbahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa Sunda sebagai bahasa daerah.Disamping ada juga yang menggunakan bahasa Jawa yang merupakan bahasa pendatang dari luar Kabupaten Tangerang yang umumnya dipakai para pekerja di kawasan industri Kabupaten Tangerang.

Pembangunan di Kabupaten Tangerang tergolong sangat cepat walaupun masih kalah cepat dengan anaknya yaitu Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Kawasan Industri banyak sekali terdapat di Kabupaten Tangerang yang berimbas pada meningkatnya daya serap tenaga kerja masyarakat sekitar khususnya sehingga mengurangi jumlah pengangguran yang ada. Dengan naiknya taraf hidup masyarakat maka meningkat pula daya beli mayarakat dan berefek pada meningkatnya jumlah pemukiman baru yang terdapat di Kabupaten Tangerang. Pertumbuhan pemukiman baru di Kabupaten Tangerang melonjak pesat, bahkan banyak warga sekitar Kabupaten Tangerang yang membeli rumah wilayah ini.

Ada dua pusat pertumbuhan Kabupaten Tangerang yang sangat menonjol yaitu:

  1. Pusat Pertumbuhan (Kecamatan ) Teluknaga: Pertumbuhan ini meliputi lima kecamatan, yaitu Kecamatan Teluknaga, Kecamatan Kosambi, Kecamatan Sepatan, Kecamatan Mauk, Kecamatan Pakuhaji, Kecamatan Kemiri dan Kecamatan Sukadiri. Diarahkan untuk pengembangan sektor pariwisata bahari dan alam, industri maritim, pelabuhan laut, perikanan dan pertambakan. 
  2. Pusat Pertumbuhan (Kecamatan) Balaraja dan (Kecamatan) Tigaraksa: Berupa kawasan industri, pemukiman dan pusat pemerintahan. Meliputi delapan kecamatan, yaitu Kecamatan Balaraja, Kecamatan Rajeg, Kecamatan Pasar Kemis, Kecamatan Tigaraksa, Kecamatan Kresek, Kecamatan Cisaka, Kecamatan Cikupa, Kecamatan Kronjo, Kecamatan Jayanti, Kecamatan Jambe dan Kecamatan Panongan.

    Kabupaten Tangerang sejauh ini sudah melahirkan dua kota mandiri yaitu Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, bahkan bukan tidak mungkin akan lahir kota mandiri berikutnya di Kabupaten Tangerang karena saking cepatnya perkembangan di wilayah ini. Secara umum ada tiga alasan kenapa beberapa kawasan di kabupaten Tangerang tumbuh sangat cepat yaitu antara lain:
    1. Urbanisasi dan tumbuhnya sektor industri dan manufaktur yang signifikan
    2. Tumbuhnya pusat bisnis dan kawasan pemukiman modern
    3. Akses infrastruktur jalan dalam skala  masif yang telah selesai semua

    Dan memang secara historis Kabupaten Tangerang sejak ratusan tahun yang lalu sudah menjadi daerah lalu lintas perniagaan, hubungan sosial dan interaksi antar daerah lain di sekitarnya. Hal ini, disebabkan letak wilayah ini yang berada di dua poros pusat perdagangan Jakarta - Banten.

    Sejarah Kabupaten Tangerang


    Asal-usul penamaan Tangerang berasal dari tindakan seorang putra Sultan Ageng Tirtayasa dari Kesultanan Banten yang bernama Pangeran Sogiri membangun tugu prasasti di bagian barat sungai Cisadane, saat ini wilayah tersebut diyakini berada di Kampung Gerendeng. Dan tugu prasasti yang dibangun Pangeran Sogiri ini dinamakan sebagai "Tanggeran" berasal dari dua kata yaitu "tengger" dan "perang". Kata tengger yang dalam bahasa Sunda berarti "tanda"  dan jika digabung dengan kata perang maka menjadi tanggeran. Secara keseluruhan tanggeran berarti tanda perang, atau prasasti berupa tugu untuk memperingati perang. Hal ini bisa dipahami memang pada saat itu memang sedang terjadi peperangan antara kesultanan Banten dan Kompeni Belanda. Perubahan penyebutan Tanggeran menjadi Tangerang karena pada waktu itu tentara kompeni yang berasal dari Makasar tidak mengenal huruf mati, dan terbiasa menyebut “Tangeran” dengan “Tangerang”. Kesalahan ejaan dan dialek inilah yang diwariskan hingga kini.

    Isi dari tugu prasasti itu adalah sebagai berikut:

    Bismillah peget Ingkang Gusti
    Diningsun juput parenah kala Sabtu
    Ping Gasal Sapar Tahun Wau
    Rengsena Perang nelek Nangeran
    Bungas wetan Cipamugas kilen Cidurian
    Sakebeh Angraksa Sitingsung Parahyang-Titi


    Terjemahan dalam bahasa Indonesia :

    Dengan nama Allah tetap Maha Kuasa
    Dari kami mengambil kesempatan pada hari Sabtu
    Tanggal 5 Sapar Tahun Wau
    Sesudah perang kita memancangkan Tugu
    Untuk mempertahankan batas Timur Cipamugas
    (Cisadane) dan Barat yaitu Cidurian
    Semua menjaga tanah kaum Parahyang

    Jika merunut kepada cerita rakyat yang berkembang sebenarnya cikal-bakal Kabupaten Tangerang adalah Tigaraksa. Nama Tigaraksa itu sendiri berasal dari kata Tiang Tiga atau Tilu Tanglu, sebuah pemberian nama sebagai wujud penghormatan kepada tiga Tumenggung yang menjadi tiga pimpinan perang pada waktu itu. Dalam riwayat diceritakan, bahwa saat Kesultanan Banten terdesak dalam peperangan melawan Militer Belanda pada pertengahan abad ke-16, diutuslah tiga maulana yang berpangkat Tumenggung untuk mem­buat perkampungan pertahanan di wilayah yang berbatasan dengan Batavia. Ketiga Tumenggung itu adalah, Tumenggung Aria Yudhanegara, Aria Wangsakara, dan Aria Jaya Santika. Mereka segera mem­bangun basis pertahanan dan pemerintahan di wilayah yang kini dikenal sebagai kawasan Tigaraksa. Sangat disayangkan kemudian pemerintahan ”Tiga Maulana”, ”Tiga Pimpinan” atau ”Tilu Tanglu” tersebut tumbang pada tahun 1684, seiring dengan dibuatnya perjanjian antara Pasukan Belanda dengan Kesultanan Banten pada 17 April 1684. Perjanjian tersebut akhirnya membuat seluruh wilayah Tangerang masuk kedalam kekuasaan kompeni Belanda. Kemudian sejak saat itu Belanda membentuk pemerintahan kabupaten sendiri yang lepas dari Kesultanan Banten di bawah pimpinan seorang bupati. Kabupaten itulah yang dinamakan Kabupaten Tanggerang.

    Letak Geografis Kabupaten Tangerang



    Sebagian besar wilayah Tangerang adalah dataran rendah. Sungai Cisadane, sungai terpanjang di Tangerang. Sungai ini berawal dari mata air di daerah pegunungan di Kabupaten Bogor tepatnya dari daerah Cijeruk Kabupaten Bogor. Hulu sungai ini cukup berdekatan dengan hulu sungai Ciliwung yang membelah kota Jakarta. Sungai Cisadane ini dalam perjalanannya melewati Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang untuk kemudian bermuara di Laut Jawa. 

    Kabupaten Tangerang terletak di bagian Timur Propinsi Banten. Secara sistem koordinat wilayah ini ada di 106°20'-106°43' Bujur Timur dan 6°00'-6°20' Lintang Selatan. Luas wilayah Kabupaten Tangerang adalah 1.110,38 Km2 atau 12,62% dari seluruh luas wilayah Propinsi Banten dengan Batas wilayah sebagai berikut:
    • Batas wilayah utara : Laut Jawa
    • Batas wilayah barat : Kabupaten Serang, dan Kabupaten Lebak Provinsi Banten
    • Batas wilayah timur : Sebagian Kecil Jakarta Utara DKIJ, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten.
    • Batas wilayah selatan : Kabupaten Lebak Provinsi Banten, dan Kabupaten Bogor
    Secara Topografi, Kabupaten Tangerang terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi, tetapi sebagian besar wilayah Kabupaten Tangerang merupakan dataran rendah. Dataran rendah di Bagian Utara dengan ketinggian berkisar antara 0 – 25 meter di atas permukaan laut (dpl), yaitu Kecamatan Teluknaga, Mauk, Kemiri, Sukadiri, Kresek, Kronjo, Pasarkemis, dan Sepatan. Dataran tinggi dari bagian tengah kearah selatan dengan ketinggian lebih dari 25 meter di atas permukaan laut (dpl). Kemiringan tanah rata-rata 0 – 3 persen menurun ke utara. Ketinggian wilayah berkisar antara 25 – 85 meter di atas permukaan laut (dpl). Daerah tertinggi pada wilayah Kabupaten Tangerang adalah 50 meter di atas permukaan laut (dpl).

    Objek Wisata Yang Ada di Kabupaten Tangerang


    Tempat-tempat wisata yang layak Anda kunjungi untuk mengisi liburan Anda di Kabupaten Tangerang antara lain bisa dilihat pada tabel di bawah ini:

    Objek Wisata
    Alamat
    1. Pantai Tanjung Pasir + Taman Buaya Tanjung Pasir
    Kel. Tanjung Pasir, Kec. Teluknaga, Kab. Tangerang
    2.  Pantai Tanjung Kait
    Kel. Tanjung Anom, Kec. Mauk, Kabupaten Tangerang
    3. Pulo Cangkir
    Kel. Kronjo, Kec. Kronjo, Kab. Tangerang
    4. Citra Raya Water World
    MardiGras, Jl. Citra Raya Utama Timur, Kel. Mekar Bakti, Kec. Panongan, Kab. Tangerang
    5. Kolam Pancing Kampoeng Kalapa
    Sindang Sono, Sindang Jaya, Kec. Balaraja, Kab. Tangerang
    6. Taman Santap Rumah Kayu - Summarecon Gading Serpong
    Jl. Ki Hajar Dewantara Blok SKL No. 002, Kel. Pakulonan Bar, Kec. Kelapa Dua, Kab. Tangerang

    Kecamatan, Kelurahan, dan Kode Pos di Kabupaten Tangerang


    Kabupaten Tangerang memiliki 29 Kecamatan yang terdiri dari 246 desa dan juga 28 kelurahan dengan pusat pemerintahan terletak di kecamatan Tigaraksa. Nama-nama ke 29 Kecamatan itu adalah sebagai berikut: Kecamatan Balaraja, Kecamatan Cikupa, Kecamatan Cisauk, Kecamatan Cisoka, Kecamatan Curug, Kecamatan Gunungkaler, Kecamatan Jambe, Kecamatan Jayanti, Kecamatan Kelapa Dua, Kecamatan Kemiri, Kecamatan Kosambi, Kecamatan Kresek, Kecamatan Kronjo, Kecamatan Legok, Kecamatan Mauk, Kecamatan Mekarbaru, Kecamatan Pagedangan, Kecamatan Pakuhaji, Kecamatan Panongan, Kecamatan Pasarkemis, Kecamatan Rajeg, Kecamatan Sepatan, Kecamatan Sepatan Timur, Kecamatan Sindang Jaya, Kecamatan Solear, Kecamatan Sukadiri, Kecamatan Sukamulya, Kecamatan Teluknaga, Kecamatan Tigaraksa.

    Berikut ini kami sajikan tabel daftar kecamatan, kelurahan dan kode pos yang ada di Kabupaten Tangerang. Semoga ada manfaatnya bagi yang sedang memerlukan.

    Kecamatan
    Kelurahan
    Kode Pos
    1. Tigaraksa
    1. Bantar Panjang
    15720
    2. Cileles
    15720
    3. Cisereh
    15720
    4. Kadu Agung
    15720
    5. Marga Sari
    15720
    6. Mata Gara
    15720
    7. Pasir Bolang
    15720
    8. Pasir Nangka
    15720
    9. Pematang
    15720
    10. Pete
    15720
    11. Sodong
    15720
    12. Tapos
    15720
    13. Tegalsari
    15720
    14. Tigaraksa
    15720

    2. Teluknaga
    1. Babakan Asem
    15510
    2. Bojong Renged
    15510
    3. Kampung Besar
    15510
    4. Kampung Melayu Barat
    15510
    5. Kampung Melayu Timur
    15510
    6. Kebon Cau
    15510
    7. Lemo
    15510
    8. Muara
    15510
    9. Pangkalan
    15510
    10. Tanjung Burung
    15510
    11. Tanjung Pasir
    15510
    12. Tegal Angus
    15510
    13. Teluk Naga
    15510

    3. Sukamulya
    1. Benda
    15610
    2. Bunar
    15610
    3. Buni Ayu
    15610
    4. Kali Asin
    15610
    5. Kubang
    15610
    6. Merak
    15610
    7. Parahu
    15610
    8. Suka Mulya
    15610

    4. Sukadiri
    1. Buaran Jati
    15530
    2. Gintung
    15530
    3. Karang Serang
    15530
    4. Kosambi
    15530
    5. Mekar Kondang
    15530
    6. Pekayon
    15530
    7. Rawa Kidang
    15530
    8. Sukadiri
    15530

    5. Solear
    1. Cikareo
    15730
    2. Cikasungka
    15730
    3. Cikuya
    15730
    4. Cireundeu
    15730
    5. Munjul
    15730
    6. Pasanggrahan
    15730
    7. Solear
    15730

    6. Sindang Jaya
    1. Badak Anom
    15540
    2. Sindang Asih
    15560
    3. Sindang Jaya
    15560
    4. Sindang Panon
    15560
    5. Sindang Sono
    15560
    6. Suka Harja
    15560
    7. Wana Kerta
    15560

    7. Sepatan Timur
    1. Gempol Sari
    15520
    2. Jati Mulya
    15520
    3. Kampung Kelor
    15520
    4. Kedaung Barat
    15520
    5. Lebak Wangi
    15520
    6. Pondok Kelor
    15520
    7. Sangiang
    15520
    8. Tanah Merah
    15520

    8. Sepatan
    1. Karet
    15520
    2. Kayu Agung
    15520
    3. Kayu Bongkok
    15520
    4. Mekar Jaya
    15520
    5. Pisangan Jaya
    15520
    6. Pondok Jaya
    15520
    7. Sarakan
    15520
    8. Sepatan
    15520

    9. Rajeg
    1. Daon
    15540
    2. Jambu Karya
    15540
    3. Lembang Sari
    15540
    4. Mekarsari
    15540
    5. Pangarengan
    15540
    6. Rajeg
    15540
    7. Rajegmulya
    15540
    8. Ranca Bango
    15540
    9. Suka Manah
    15540
    10. Suka Sari
    15540
    11. Suka Tani
    15540
    12. Tanjakan
    15540
    13. Tanjakan Mekar
    15540

    10. Pasar Kemis
    1. Gelam Jaya
    15560
    2. Kuta Baru
    15560
    3. Kuta Bumi
    15560
    4. Kuta Jaya
    15560
    5. Pangadegan
    15560
    6. Pasar Kemis
    15560
    7. Sindang Sari
    15560
    8. Sukaasih
    15560
    9. Sukamantri
    15560

    11. Panongan
    1. Ciakar
    15710
    2. Mekar Bakti
    15710
    3. Mekar Jaya
    15710
    4. Panongan
    15710
    5. Peusar
    15710
    6. Ranca Iyuh
    15710
    7. Ranca Kalapa
    15710
    8. Serdang Kulon
    15710

    12. Pakuhaji
    1. Buaran Bambu
    15570
    2. Buaran Mangga
    15570
    3. Bunisari (Bonasari)
    15570
    4. Gaga
    15570
    5. Kalibaru
    15570
    6. Kiara Payung
    15570
    7. Kohod
    15570
    8. Kramat
    15570
    9. Laksana
    15570
    10. Paku Alam
    15570
    11. Pakuhaji
    15570
    12. Rawa Boni
    15570
    13. Sukawali
    15570
    14. Surya Bahari
    15570

    13. Pagedangan
    1. Cicalengka
    15336
    2. Cihuni
    15332
    3. Cijantra
    15335
    4. Jatake
    15330
    5. Kadu Sirung
    15337
    6. Karang Tengah
    15157
    7. Lengkong Kulon
    15331
    8. Malang Nengah
    15330
    9. Medang
    15334
    10. Pagedangan
    15339
    11. Situ Gadung
    15338

    14. Mekar Baru
    1. Cijeruk
    15550
    2. Ganda Ria
    15550
    3. Jenggot
    15550
    4. Kedaung
    15550
    5. Klutuk
    15550
    6. Kosambi Dalam
    15550
    7. Mekar Baru
    15550
    8. Waliwis
    15550

    15. Mauk
    1. Banyu Asih
    15530
    2. Gunung Sari
    15530
    3. Jati Waringin
    15530
    4. Kedung Dalem
    15530
    5. Ketapang
    15530
    6. Marga Mulya
    15530
    7. Mauk Barat
    15530
    8. Mauk Timur
    15530
    9. Sasak
    15530
    10. Tanjung Anom
    15530
    11. Tegal Kunir Kidul
    15530
    12. Tegal Kunir Lor
    15530

    16. Legok
    1. Babakan
    15820
    2. Babat
    15820
    3. Bojong Kamal
    15820
    4. Caringin
    15820
    5. Ciangir
    15820
    6. Cirarab
    15820
    7. Kamuning (Kemuning)
    15820
    8. Legok
    15820
    9. Pala Sari
    15820
    10. Rancagong
    15820
    11. Serdang Wetan
    15820

    17. Kronjo
    1. Bakung
    15550
    2. Blukbuk
    15550
    3. Cirumpak
    15550
    4. Kronjo
    15550
    5. Muncung
    15550
    6. Pagedangan Ilir
    15550
    7. Pagedangan Udik
    15550
    8. Pagenjahan
    15550
    9. Pasilian
    15550
    10. Pasir
    15550

    18. Kresek
    1. Jengkol
    15620
    2. Kemuning
    15620
    3. Koper
    15620
    4. Kresek
    15620
    5. Pasir Ampo
    15620
    6. Patra Sana
    15620
    7. Ranca Ilat
    15620
    8. Renged
    15620
    9. Talok
    15620

    19. Kosambi
    1. Belimbing
    15212
    2. Cengklong
    15212
    3. Dadap
    15211
    4. Jatimulya
    15211
    5. Kosambi Barat
    15213
    6. Kosambi Timur
    15213
    7. Rawa Burung
    15215
    8. Rawa Rengas
    15215
    9. Salembaran Jati
    15214
    10. Salembaran Raya
    15214

    20. Kemiri
    1. Karang Anyar
    15530
    2. Kemiri
    15530
    3. Kjlebet (Kelebet)
    15530
    4. Legok Sula Maju
    15530
    5. Lontar
    15530
    6. Patra Manggala
    15530
    7. Ranca Labuh
    15530

    21. Kelapa Dua
    1. Bencongan
    15810
    2. Bencongan Indah
    15810
    3. Bojong Nangka
    15810
    4. Curug Sangerang (Curug Sangereng)
    15810
    5. Kelapa Dua
    15810
    6. Pakulonan Barat
    15810

    22. Jayanti
    1. Cikande
    15610
    2. Dang Deur
    15610
    3. Jayanti
    15610
    4. Pabuaran
    15610
    5. Pangkat
    15610
    6. Pasir Gintung
    15610
    7. Pasir Muncang
    15610
    8. Sumur Bandung
    15610

    23. Jambe
    1. Ancol Pasir
    15720
    2. Daru
    15720
    3. Jambe
    15720
    4. Kutruk
    15720
    5. Mekarsari
    15720
    6. Pasir Barat
    15720
    7. Rancabuaya
    15720
    8. Suka Manah
    15720
    9. Taban
    15720
    10. Tipar Jaya (Tiparraya)
    15720

    24. Gunung Kaler
    1. Cibetok
    15620
    2. Cipaeh
    15620
    3. Gunung Kaler
    15620
    4. Kanda Wati
    15620
    5. Kedung
    15620
    6. Onyam
    15620
    7. Ranca Gede
    15620
    8. Sidoko
    15620
    9. Tamiang
    15620

    25. Curug
    1. Binong
    15810
    2. Cukang Galih
    15810
    3. Curug Kulon
    15810
    4. Curug Wetan
    15810
    5. Kadu
    15810
    6. Kadu Jaya
    15810
    7. Suka Bakti
    15810

    26. Cisoka
    1. Bojongloa
    15730
    2. Carenang
    15730
    3. Caringin
    15730
    4. Cempaka
    15730
    5. Cibugel
    15730
    6. Cisoka
    15730
    7. Jeung Jing
    15730
    8. Karangharja
    15730
    9. Selapajang
    15730
    10. Sukatani
    15730

    27. Cisauk
    1. Cibogo
    15344
    2. Cisauk
    15341
    3. Dangdang
    15342
    4. Mekarwangi
    15340
    5. Sampora
    15345
    6. Suradita
    15343

    28. Cikupa
    1. Bitung Jaya
    15710
    2. Bojong
    15710
    3. Budi Mulya
    15710
    4. Bunder
    15710
    5. Cibadak
    15710
    6. Cikupa
    15710
    7. Dukuh
    15710
    8. Pasir Gadung
    15710
    9. Pasir Jaya
    15710
    10. Suka Damai
    15710
    11. Suka Mulya
    15710
    12. Suka Nagara
    15710
    13. Talaga
    15710
    14. Talaga Sari
    15710

    29. Balaraja
    1. Balaraja
    15610
    2. Cangkudu
    15610
    3. Gembong
    15610
    4. Saga
    15610
    5. Sentul
    15610
    6. Sentul Jaya
    15610
    7. Suka Murni
    15610
    8. Talagasari
    15610
    9. Tobat
    15610

    BERIKAN KOMENTAR ()
     
    wisata tradisi game kuliner