-->

Adsense Right Sidebar

Iklan

Kode Pos Kota Cilegon

Tentang Kota Cilegon


kota cilegon banten

Kota Cilegon merupakan salah satu  kota di Provinsi Banten, Indonesia. Wilayah Kota Cilegon berada di ujung barat laut pulau Jawa, persis di tepi Selat Sunda. Kota Cilegon merupakan pintu gerbang utama yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera. dilalui beberapa sungai antara lain sungai Medek, Sangkanila, Cikuasa, Kahal, Tompos, sehang, Gayam, Sumur Wuluh, Grogol, Cipangurungan dan Kali Cijalumpang. Diantara sebelas sungai tersebut kali Grogol merupakan yang terbesar dan hampir semuanya bermuara di Selat Sunda. Selain beberapa sungai, di Kota Cilegon juga terdapat sebuah waduk yang cukup luas yakni Waduk Krenceng yang membelah Desa Lebak Denok, Kebon Sari di Kecamatan Ciwandan dan merupakan sumber air PDAM yang dialirkan ke rumah tangga untuk sebagian wilayah di Kota Cilegon. Dulunya kota ini adalah bagian dari wilayah Kabupaten Serang, kemudian ditingkatkan statusnya menjadi kota administratif, dan sejak tanggal 20 April 1999 ditetapkan sebagai kotamadya (sejak tahun 2001 sebutan kotamadya diganti dengan kota). Julukan Kota Industri  sangat melekat pada kota yang satu ini karena kota ini menjadi pusat industri di kawasan Provinsi Banten sebelah barat ini. Industri bertaraf internasional banyak bertebaran di kota Cilegon ini. Dari banyaknya pabrik tersebut ada satu yang pasti sudah sering kita dengar yaitu pabrik PT Krakatau SteelPT Krakatau Steel adalah perusahaan baja terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. PT Krakatau Steel merupakan Badan Usaha Milik Negara yang berada di wilayah Kota Cilegon, Provinsi Banten. PT Krakatau Steel memproduksi baja yang hasil produk ini pada umumnya merupakan bahan baku untuk industri lanjutannya bagi industri lain. Bisa dikatakan biangnya pabrik - pabrik besar dalam hal baja. Oleh karena keberadaan Pabrik Baja terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara inilah maka Kota Cilegon juga terkenal dengan sebutan Kota Baja.

Sejarah Kota Cilegon


Asal usul penamaan Cilegon berasal dari Bahasa Sunda  yaitu CI yang berasal dari kata CAI yang berarti air dan LEGON yang berarti lengkungan / kubangan. Sehingga kalau digabung CILEGON secara arti per kata adalah lengkungan berbentuk kubangan yang berisi air. Banyaknya kubangan air di daerah ini adalah yang wajar karena adanya sebagian instrusi air laut dari Teluk Sunda maupun Laut Jawa. Di daerah Cilegon ini memang dulunya banyak terdapat kubangan air atau rawa-rawa. Hal ini juga bisa dilihat dari banyaknya nama tempat di Cilegon yang menggunakan nama kubang. Nama - nama daerah di Cilegon yang menggunakan nama kubang antara lain Kubang Welingi, Kubang Lampit, Kubang Lampung, Kubang Menyawak,  Kubang Lumbra, Kubang Kutu, Kubang Saron, Kubang Wates, Kubang Sari,  Kubang Bale, Kubang Lesung, Kubang Sepat, Kubang Lele, Kubang Welut, dan yang lainnya. Cilegon dahulu kala merupakan sebuah kampung kecil yang dikelilingi rawa-rawa atau kubang-kubang yang sekarang ini berubah dan berkembang menjadi area persawahan dan pemukiman dan bahkan area industrialisasi bertaraf internasional.

Letak Geografis Kota Cilegon


Kota Cilegon terdiri dari daerah dataran rendah dekat pantai / Selat Sunda dan Laut Jawa dan beberapa pegunungan. Berdasarkan letak geografisnya, Kota Cilegon berada di bagian paling ujung sebelah barat Pulau Jawa tepatnya di barat laut. Secara sistem koordinat kota ini terletak pada posisi : 5°52'24" - 6°04'07" Lintang Selatan, dan 105°54'05" - 106°05'11" Bujur Timur. Panjang pantai Kota Cilegon yang menghadap ke Selat Sunda bila diukur secara “garis lurus” adalah sekitar 25 Km. Sehingga secara tentatif (belum final atau bisa berubah-ubah) luas laut yang menjadi kewenangan Kota Cilegon sekitar 185 Km2, atau sedikit lebih luas dari wilayah daratan. Luas juga ya wilayah lautnya. Pada wilayah laut tersebut terdapat beberapa pulau, seperti Pulau Rida, Pulau Ular, Pulau Merak Besar, dan Pulau Merak Kecil. Bentuk / pola Kota Cilegon berada pada ketinggian antara 0-553 meter di atas permukaan laut (dpl). Wilayah tertinggi berada di bagian utara Kecamatan Pulomerak yaitu Gunung Gede, sedangkan wilayah terendah berada di bagian barat yang merupakan hamparan pantai.

Berdasarkan karakteristik bentuk daratan dan kemiringan lahan, secara garis besar Karakteristik fisik Kota Cilegon dapat dibedakan ke dalam tiga bagian, yaitu :

  1. Bentuk dataran, mempunyai kemiringan lahan berkisar antara 0-2% hingga 2–7%, tersebar di sepanjang pesisir pantai barat dan bagian tengah Kota Cilegon.
  2. Bentuk perbukitan-sedang, mempunyai kemiringan lahan berkisar antara 7-15%, terdapat di wilayah tengah kota, tersebar di bagian utara dan selatan kecamatan Cilegon dan Cibeber, serta bagian selatan Kecamatan Ciwandan dan Citangkil.
  3. Bentuk perbukitan-terjal, mempunyai kemiringan lahan berkisar antara 15–40% hingga lebih dari 40%, tersebar di bagian utara Kota Cilegon (Kecamatan Pulomerak dan Grogol) dan sebagian kecil wilayah barat Kecamatan Ciwandan.
Untuk batas wilayah Kota Cilegon semuanya berbatasan dengan Kabupaten Serang untuk wilayah daratannya yaitu batas wilayah timur dan selatan. Untuk wilayah utara dengan Laut Jawa dan barat berbatasan dengan Selat Sunda / Laut Jawa (Perlu diketahui bahwa Selat Sunda ini sebagian besar masih bagian dari Laut Jawa untuk bagian utara sampai ke tengah, sedangkan Selat Sunda bagian selatan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia)
  • Batas wilayah utara : Laut Jawa (Java Salira), Kelurahan / Desa Salira dan Kedung Soka Kecamatan Pulo Ampel Kabupaten Serang.
  • Batas wilayah barat : Selat Sunda / Laut Jawa
  • Batas wilayah timur : Kelurahan / Desa Pakuncen Kecamatan Bojonegara, Kelurahan / Desa Terate, Serdang, Harjatani, Margatani Kecamatan Kramat Watu Kabupaten Serang 
  • Batas wilayah selatan : Kelurahan / Desa Kosambi Ronyok Kecamatan Anyar Kabupaten Serang, Kelurahan / Desa Winong, Batukuda, Talaga Kecamatan Mancak, Kelurahan / Desa Melati, Sampir, Waringin Kurung Kecamatan Waringin Kurung Kabupaten Serang

Objek Wisata Yang Ada di Kota Cilegon


Walaupun luas daratan kota ini lebih kecil dengan beberapa kabupaten yang ada di Provinsi Banten, ternyata Cilegon menyimpan banyak potensi wisata yang cukup banyak. Tempat-tempat wisata di Kota Cilegon tersebut antara lain sebagai berikut:

Objek Wisata
Alamat
1. Gunung Batu Lawang
Kelurahan Gerem, Kecamatan Gerogol, Kota Cilegon
2. Gunung Batur
Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon
3. Pulau Merak Besar
Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulo Merak, Kota Cilegon
4. Pulau Merak Kecil
Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulo Merak Kota  Cilegon.
5. Pantai Kelapa Tujuh
Kelurahan Suralaya, Kecamatan Pulomerak, kota Cilegon
6. Pantai Pulorida
Jl. Raya Pelabuhan Kelurahan Tamansari,Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon


7. Padang Golf Krakatau Country Club
Krakatau Country Club, Kel. Kebondalem, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon
8. Krakatau Country Club
Jalan KH. Marzuki No. 39, Kel. Kebondalem, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon
9. Krakatau Junction Infinite Jogging Track
Komplek Perumahan PT. Krakatau Steel, Jalan Kyai Haji Yasin Beji, Kel. Kotabumi, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon
10. Stadion Krakatau Steel
Kec. Purwakarta, Kota Cilegon
Stadion Sumampir
stadion di dekat Kota Cilegon, Jalan Sumampir, Kel. Kebondalem, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon
11. Krakatau Bike Park
Jl. Kabel No.20, Kel. Kotabumi, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon
12. Krakatau Jungle Park
Jalan Jaya Karta No. 121, Purwakarta, Kebondalem, Kec. Cilegon, Kota Cilegon, Banten 42433
13. Lapangan Serbaguna Bapor

14. Krakatau Sailing Club

15. Masjid Agung Nurul Ikhlas
Jl. Sultan Ageng Tirtayasa No. 2, kel. Jombang Wetan, Kec. Jombang, Kota Cilegon
16. Masjid As Syuhada

17. Masjid Sumpah


Kecamatan, Kelurahan, dan Kode Pos di Kota Cilegon


Kota Cilegon terdiri dari 8 Kecamatan dan 43 kelurahn. Kecamatan-kecamatan yang ada di Kota Cilegon antara lain sebagai berikut: Kecamatan Cilegon, Kecamatan Ciwandan, Kecamatan Pulomerak, Kecamatan Cibeber, Kecamatan Grogol, Kecamatan Purwakarta, Kecamatan Citangkil dan Kecamatan Jombang. 

Sepertinya akan lebih mudah bagi Anda untuk melihat susunan jumlah kecamatan, kelurahan beserta kode posnya dalam bentuk tabel. Di bawah ini merupakan tabel kecamatan, kelurahan dan kode pos di Kota Cilegon yang sudah kami buat agar gampang Anda dalam mencari apa yang Anda perlukan.

Kecamatan
Kelurahan
Kode Pos
1. Purwakarta
1. Kebondalem
42433
2. Kotabumi
42434
3. Pabean
42437
4. Purwakarta
42437
5. Ramanuju
42431
6. Tegal Bunder
42437

2. Pulomerak
1. Lebak Gede
42431
2. Mekarsari
42438
3. Suralaya
42439
4. Tamansari
42438

3. Jombang
1. Gedong Dalem
42413
2. Jombang Wetan
42411
3. Masigit
42414
4. Panggung Rawi
42412
5. Sukmajaya
42416

4. Gerogol
1. Gerem
42438
2. Gerogol/Grogol
42436
3. Kotasari
42436
4. Rawa Arum
42436

5. Ciwandan
1. Banjar Negara
42441
2. Gunungsugih
42447
3. Kepuh
42446
4. Kubangsari
42445
5. Randakari
42446
6. Tegalratu
42445

6. Citangkil
1. Citangkil
42441
2. Deringo
42444
3. Kebonsari
42442
4. Lebakdenok
42442
5. Samangraya
42443
6. Tamanbaru
42441
7. Warnasari
42443

7. Cilegon
1. Bagendung
42419
2. Bendungan
42417
3. Ciwaduk
42415
4. Ciwedus
42418
5. Ketileng
42416

8. Cibeber
1. Bulakan
42426
2. Cibeber
42423
3. Cikerai
42427
4. Kalitimbang
42424
5. Karangasem
42425
6. Kedaleman
42422

BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner