Iklan

Layanan CoD Ritel Pos Indonesia Solusi Bagi Pedagang Online

Bisnis e-commerce masih menjadi primadona bagi masyarakat. Manisnya kue bisnis online ini bukan hanya dinikmati para pemain e-commerce besar yang sudah mapan seperti Zalora, Lazzada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli dan masih banyak lagi.  Para pedagang online kecil dan menengah yang menjual barangnya melalui berbagai platform sosial media juga menikmati booming maraknya penjualan online. Omzet pedagang online melalui platform media sosial ini jauh lebih besar dibanding dengan transaksi di webstore.
Gambar ilustrasi: Kapolda Sumut menyamar menjadi pak pos



Namun demikian, ada kendala yang dihadapi oleh para pedagang online ini yaitu masalah kepercayaan (trust). Terlebih banyak kasus penipuan transaksi online melalui platform media sosial. Salah satu solusi untuk menjembatani kepercayaan penjual dan pembeli adalah penjualan sistem CoD (cash on delivery). Pembayaran dilakukan jika barang sudah diterima oleh pembeli. Pelaksanaan sistem CoD ini juga membawa risiko bagi penjual, yaitu tidak diterimanya pembayaran dari pembeli.

Untuk menjembatani penjual dan pembeli dalam transaksi online melalui media sosial ini, Pos Indonesia punya solusinya. BUMN ini telah merelease layanan CoD Ritel.

Apakah layanan CoD Ritel itu? Layanan CoD Ritel adalah layanan khusus Pos Indonesia yang diperuntukkan kepada pedagang online yang melakukan penjualan melalui platform media sosial (non marketplace) dengan sistem pembayaran secara bayar di tempat (CoD).
Salah satu kelebihan CoD ritel ini adalah tersedianya aplikasi berbasis web yang menyediakan fasilitas bagi pedangan online untuk bisa memantau kiriman dan pembayarannya.

Bagaimana cara pedagang online mendaftar sebagai pengguna layanan CoD Ritel Pos Indonesia?

  • Pedagang online terlebih dahulu harus membuka rekening mobile giropos (klik disini cara install, registrasi dan aktivasi mobile giropos)
  • Jika sudah mempunyai rekening mobile giropos silahkan datang ke customer service kantorpos terdekat.
  • Petugas customer service akan melakukan registrasi pedagang online agar terdaftar pada web aplikasi khusus CoD Ritel http://antaran.posindonesia.co.id/cod/
  • Setelah berhasil terdaftar maka pedagang online bisa memanfaatkan layanan CoD Ritel Pos Indonesia.

Beginilah cara menggunakan aplikasi CoD Ritel Pos Indonesia bagi seller/penjual

Login

Membuka web http://antaran.posindonesia.co.id/cod/ dan melakukan login

Cek Tarif

Sebelum melangkah lebih jauh seller/penjual bisa melakukan cek tarif

Terima order dari buyer/pembeli


Entry barang yang dipesan

Invoice

Cetak label

Cek status kiriman



Lacak Kiriman

Laporan kiriman


Penempelan invoice dan alamat pada kiriman

Pilihan proses kiriman

Penjual bisa meminta pick up kiriman kepada pengantar pos, petugas pick up kantorpos (o-ranger) atau datang langsung ke loket kantorpos.

Tampilan kiriman CoD setelah posting loket

Informasi lebih lanjut bisa ditanyakan ke kantorpos terdekat. Untuk sementara waktu layanan CoD Ritel baru bisa diterima di kantorpos wilayah Jawa Timur.

Link terkait:
  1. Alamat kantorpos di Jawa Timur
  2. Panduan penggunaan Pos Giro Mobile Pos Indonesia
  3. Bayar denda tilang di kantorpos









 

    BERIKAN KOMENTAR ()
     
    wisata tradisi game kuliner