Skip to main content

Jenis-Jenis Layanan Kurir PT Pos Indonesia

Jenis-Jenis Layanan Kurir PT Pos Indonesia

PT Pos Indonesia merupakan perusahaan kurir tertua yang ada di Negara Republik Indonesia. Sudah lebih dari +273 tahun mengabdikan diri untuk negeri, dan melayani hingga ke daerah-daerah pelosok yang ada di Negera Indonesia.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis layanan yang ada di PT Pos Indonesia.

Kita mulai dari layanan baru dari PT Pos Indonesia:

1. Layanan Kiu Nine (Q9)

Layanan Kiu Nine adalah layanan yang di tujukan untuk pebisnis online yang membutuhkan kecepatan ekstra dalam pengantaran dokumennya. Layanan ini merupakan layanan perushaaan kurir tercepat yang ada di Indonesia (selain go send nya gojek ya). Syaratnya adalah jam pengeposan paling lama adalah jam 4 sore.

Layanan ini memiliki standar waktu pengiriman (SWP) 9 Jam, jika lewat dari 9 jam pada pengiriman selanjutnya di gratiskan S&K berlaku. Nah sebenarnya jika terjadi keterlambatan seperti ini pelanggan bisa saja langsung memberikan laporan ke Kantor Pos tempat pengeposan kiriman. Namun harus dilihat dulu aturannya seperti apa. Jika tidak melampaui batas standar waktu pengiriman (SWP) maka tentu komplen yang sahabat lakukan akan menjadi sia sia.

2. Layanan Qcomm

Layanan Qcomm adalah salah satu layanan terbaru dan baru berlaku di daerah Jawa. Jenis layanan ini memiliki standar waktu pengiriman (SWP) 2 hari kerja, hari libur tidak dihitung. Sangat cocok untuk para pebisnis online yang butuh percepatan dalam pengiriman paketnya.

3. Pos Ekspress

Layanan pos ekspress adalah layanan kurir yang memiliki standar waktu pengiriman (SWP) 1 Hari kerja, hari libur tidak dihitung. Contohnya jika pengirim mengirim pada hari sabtu, maka paket tersebut akan di antarkan di hari seninnya. Hal ini dikarenakan tidak semua kantor pos yang beroperasi di hari minggu.

4. Pos Kilat Khusus

Layanan Pos Kilat Khusus adalah layanan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Layanan ini dahulunya memiliki standar waktu pengirima 4 hari kerja. Namun karena banyaknya kendala dilapangan mengahruskan layanan ini mengulur standar waktu pengiriman yang awalnya adalah 4 hari menjadi 9 hari.

Jadi jangan heran jika paket sahabat agak lama sampai terhitung dari bulan oktober 2019 sampai saat ini 3 Januari 2020. Namun manajemen PT Pos Indonesia sekarang sedang berusaha mengembalikan standar waktu pengirman kembali seperti semula. Jika manajemen sudah merubah nanti infonya  dapat sahabat lihat di kolom komentar ya.

5. Paket Pos Jumbo Ekonomi

Layanan ini merupakan layanan yang selevel dengan layanan OKE nya JNE dan ECO nya TIKI. Nah untuk perbandingan tarifnya sendiri layanan Pos Jumbo Ekonomi jauh lebih murah. Kekurangan dari layanan ini adalah layanannya akan muncul jika berat paket lebih dari 2,5 kg.

Untuk standar waktu pengrimannya pun adalah 14 hari kerja. Namun dalam hal yang terjadi di lapangan estimasi standar waktu ini sering lebih cepat dan kadang cendrung sama dengan layanan Pos Kilat Khusus.

Untuk Layanan ini tidak disarankan untuk kiriman makanan, kecuali kiriman tersebut adalah untuk satu provinsi.

6. Paket Jumbo Motor

Layanan selanjutnya adalah Paket Jumbo Motor. Layanan ini difungsikan untuk pengiriman motor, namun untuk pengiriman motor antar pulau hanya berlaku untuk pulau sumatera ke jawa dan jawa ke sumatera saja. Selain itu hanya diberlakukan antar pulau saja.

Untuk standar waktu pengiriman sendiri hampir sama dengan pos jumbo ekonomi yaitu sekitar 14 hari kerja.

7. Paket Pos Biasa

Layanan Paket Pos Biasa merupakan layanan yang di Subsidi pemerintah, namun belakangan ini ada isu-isu bawah layanan ini hanya kan diberlakukan untuk masyarakat miskin saja. Karena tujuan dari layanan ini adalah untuk membantu masyarakat miskin dalam pengiriman barang.

Untuk standar waktu pengirimannya sendiri adalah sekitar 1 bulan kerja. Namun ini hanyalah estimasi waktu saja, terkadang layanan ini jika tujuan pengiriman nya adalah dalam provinsi bisa dalam waktu satu mingguan.

8. Express Mail Service (EMS)

Layanan ini merupakan layanan pengiriman paket ke luar negeri, bagi sahabat eksportir layanan ini sangat cocok karena memiliki kecepatan waktu 5 hari kerja diluar pemeriksaan beacukai.

sebenarnya ada 3 layanan lagi yaitu Pos Cepat Luar Negeri, Paket R dan Pos Biasa luar Negeri. Jika sahabat tertarik perihal kiriman luar negeri bisa tanya-tanya melalui kolom komentar.
Comment Policy: Silahkan berkomentar dengan sopan dan tertip. Untuk layanan keluhan pelanggan silahkan menghubungi langsung CS di nomor 161. Atau jika ingin menanyakan kiriman juga bisa melalui komentar di link Tracking Kiriman
Buka Komentar
Tutup Komentar