Kurir Adalah Aktifitas Pengiriman Barang, yuk simak artikel tentang kurir

Kurir Adalah Aktifitas Pengiriman Barang, yuk simak artikel tentang kurir

Kurir adalah sebuah aktivitas pengiriman barang yang dilakukan secara langsung. Sebenarnya pekerjaan menjadi kurir sudah ada sejak jaman dahulu kala. Dimana seseorang akan berlari untuk menyampaikan pesan atau barang. Darisitulah awalnya muncul kata courier dalam bahasa Inggris yang berasal dari bahasa Yunani curere yang berarti lari.

Masyarakat Indonesia sendiri lebih mengenal kurir sebagai sebuah pekerjaan untuk mengantarkan barang. Biasanya kurir akan mengendarai sepeda atau motor agar lebih cepat dalam proses pengirimannya. Walaupun sebenarnya ada juga kurir yang menggunakan mobil, namun masyarakat Indonesia belum terlalu familiar.

Pekerjaan menjadi seorang kurir, sekarang menjadi incaran oleh banyak orang. Berbeda dengan dulu, pekerjaan menjadi kurir seringkali diremehkan. Hal itu dipengaruhi dengan berkembangnya industry e-commerce yang turut membawa angin segar bagi jasa kurir di Indonesia. Banyaknya orang yang gemar berbelanja secara online juga berdampak pada banyaknya orang yang ingn menjadi kurir.

Menjadi kurir sendiri juga memiliki banyak keuntungan karena ia bebas menentukan waktunya untuk bekerja. sekarang banyak perusahaan jasa kurir yang memberikan waktu kerja yang fleksibel bagi kurirnya seperti ParselDay. Sehingga kurir tidak perlu datang di kantor dan menunggu pekerjaan, tetapi bisa mengambil pekerjaan dimana saja dan kapan saja.

Selain itu, hasil yang didapatkan juga sesuai dengan kerja kerasnya. Sehingga kalau ia bekerja keras, maka hasilnya tidak akan mengecewakan. Ditambah jika menjadi kurir ParselDay, kurir akan menerima gajinya seminggu sekali. Jadi tidak perlu menunggu lama untuk menikmati hasil dari kerja keras.

Kurir pengantaran barang

Hayo, siapa disini yang senang berbelanja online? Kalau kamu gemar belanja di online shop, pasti kamu sudah nggak asing dengan profesi yang satu ini. Siapa lagi yang akan mengantarkan barang yang kamu beli dan teriak “Paket…!” di rumah kecuali kurir ekspedisi?

Permintaan tenaga kerja kurir saat ini memang sedang meningkat cukup tinggi dikarenakan menjamurnya online shop dan perubahan daya beli masyarakat yang mulai beralih ke marketplace untuk membeli sesuatu. Apalagi sekarang mulai bermunculan pula berbagai jenis ekspedisi pengantaran barang. Nah, bagaimana sih gambaran profesi kurir di Indonesia?

Seorang kurir bertugas untuk mengantarkan dokumen dan paket untuk individu, bisnis, institusi, dan lembaga pemerintah. Kurir biasanya bepergian dengan berjalan kaki, sepeda, sepeda motor, mobil, truk pengiriman, atau angkutan umum.

Seorang kurir menyediakan layanan pengiriman door-to-door untuk berbagai klien, termasuk kantor hukum, bank, dan rumah sakit. Sebagian besar kurir memiliki spesialisasi untuk pengiriman lokal, seringkali di daerah perkotaan besar. Mereka menawarkan layanan pengiriman satu hari atau satu jam.

Kurir menerima instruksi baik secara langsung atau melalui telepon atau radio dua arah. Dengan informasi ini, mereka merencanakan rute dan jadwal pengiriman yang paling efisien. Beberapa kurir membawa barang hanya untuk klien tertentu, seperti firma hukum, lembaga keuangan, atau laboratorium medis.

Apa saja sih yang perlu di persiapkan sebelum mendi kurir

1.
Seorang kurir harus memiliki fisik yang kuat, terutama kurir yang mengantarkan barang menggunakan sepeda. Mereka juga harus mampu menghadapi segala kondisi cuaca dan bahaya lalu lintas yang padat. Mobil, van, dan kurir truk seringkali harus menghadapi kemacetan lalu lintas, pembangunan jalan, dan situasi parkir yang sulit.

2.
Kurir menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk melakukan pengiriman dan tidak diawasi secara ketat. Harapan untuk melakukan banyak pengiriman dengan cara yang aman dan tepat waktu kadang membuat seorang kurir menjadi stres akan pekerjaannya.

3.
Seorang kurir harus memiliki ketelitian yang tinggi. Mereka harus mampu melacak lokasi pengiriman dengan akurat, termasuk dengan proses pembayaran, tanda tangan, dan informasi penting lainnya. Selain itu, karena kurir seringkali berinteraksi langsung dengan pelanggan, mereka juga harus sopan dan siap menjawab berbagai pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh pelanggan.

4.
Kebanyakan kurir di Indonesia menggunakan kendaraan roda dua atau motor untuk melaksanakan pekerjaannya karena dapat mempersingkat waktu tempuh dan mempermudah pengiriman. Makanya, terkadang salah satu syarat untuk menjadi kurir adalah memiliki SIM C dan mempunyai motor, meski beberapa perusahaan menyediakan kendaraan khusus bagi para kurirnya.

5.
Kurir menghabiskan banyak waktu di jalan untuk melakukan pengiriman. Oleh karena itu, mereka harus terbiasa dengan rute dan area pengiriman serta memiliki kepekaan arah yang baik karena harus mengirimkan barang dengan jadwal waktu yang ketat. Alhasil, mereka harus bisa merencanakan hari mereka dan melakukan pengiriman secara efisien agar barang tidak sampai terlambat.

Kemampuan yang harus dimiliki kurir adalah :

Pengetahuan dan Keahlian
  • Keterampilan mengemudi yang sangat baik
  • Memahami jaringan jalan lokal
  • Kemampuan untuk melakukan pengiriman dan pengumpulan dengan cepat dan efisien
  • Keterampilan interpersonal yang kuat dan pola pikir yang berfokus pada pelanggan
  • Keandalan, ketepatan waktu, dan presisi
  • Keterampilan organisasi dan pemecahan masalah
  • Kemampuan untuk mengatasi tekanan dengan baik
  • Kekuatan fisik dan stamina
  • Memahami cara kerja GPS atau aplikasi seperti Google Maps
Gaji kurir:

Untuk gaji seorang kurir rata-rata Rp 2.000.000 sampai dengan Rp 4.000.000 rupiah. Namun ada juga loh kurir yang gajinya sampai lebih dari Rp 6.000.000 an namun tentu dengan kinerja yang baik. Salah satu perusahaan yang menggaji kurir tanpa batas gaji adalah PT Pos Indonesia.

Jika si kurir mengantarkan kirimannya tepat waktu dan dalam jumlah yang banyak maka bukan tidak mungkin gaji si kurir bakalan sampai 6.000.000 an... bahkan ada yang sampai 10.000.000 karena ia juga merangkap sekaligus menjadi kurir pickup barang namun tentu semua tergantung jumlah kiriman yang terantar dan di jemput.
BERIKAN KOMENTAR ()
Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya di Kolom komentar jika ada bug, atau artikelnya error atau tulisannya salah ya sahabat
 
wisata tradisi game kuliner
close