Cara kirim surat lewat Pos

Cara Kirim Surat Lewat POS 

Siapa yang tidak mengenal POS Indonesia? Perusahaan ekspedisi milik BUMN ini terus memberikan berbagai jenis layanan pengiriman dengan harga terjangkau untuk masyarakat Indonesia. Cara kirim dokumen lewat POS masih diandalkan terutama untuk lamaran pekerjaan ke perusahaan tertentu.

Kini memang cara mengirim surat lewat kantor POS Po Box masih digunakan untuk kebutuhan dinas ataupun perusahaan. 

Biaya kirim dokumen lewat POS yang terjangkau masih menjadi alasan utama mengapa banyak orang menggunakan layanan pengirimannya. Jika dahulu cara mengirim surat lewat POS menggunakan perangko maka seiring berkembangnya jaman digantikan dengan resi pengiriman dimana lebih mudah dilacak.

POS memang terus berkembang dan memberikan berbagai jenis layanan unggulan seperti POS Ekspress dan Kilat Khusus. POS juga masih mampu bersaing dengan berbagai jasa ekspedisi yang banyak bermunculan dengan mempertahankan kualitas dan pelayanannya.

Pilihan kirim dokumen lewat POS juga lebih fleksibel mengingat kantor operasional yang tersebar sampai tingkat kecamatan seluruh tanah air. Kamu juga dapat memilih layanan berdasarkan kebutuhan dan juga estimasi waktu sampai ke lokasi tujuan.

Cara Kirim Surat Lewat POS

Berbagai jenis dokumen dapat kalian kirimkan seperti misalnya ijazah, KTP, SIM, buku tabungan, rekening koran, STNK dan masih banyak lainnya.

1. Cara Packing Dokumen

Cara kirim surat lewat Pos


Pertama silahkan kalian siapkan dokumen yang akan dikirimkan lewat pos. Berikutnya kamu bisa memasukkan dokumen ke amplop coklat, amplop HVS ataupuin map folio dimana bertujuan melindungi supaya tidak mudah rusak dalam pengirimannya.

Pastikan ukuran amplop sesuai dengan dokumen, jangan terlalu besar ataupun kecil untuk menghindari tergeser saat perjalanan. Kemudian setelah dokumen dimasukkan segel menggunakan lem kertas supaya tidak terbuka dan lebih terjaga kerahasiaannya.

2. Cara Menulis Kiriman Dokumen

Cara kirim surat lewat Pos

Kemudian kalian dapat mencantumkan alamat penerima dan pengirim seperti pada format diatas. Penerima diletakkan pada sebelah kiri atas dilengkapi nama lengkap, alamat dan juga nomor handphone. Kemudian nama pengirim disebelah kiri bawah lengkap dengan nama, alamat serta nomor HP.

Kamu bisa menggunakan kertas biaya kemudian ditulis informasi penerima maupun pengirimnya. Berikutnya tempel sesuai format diatas, ataupun lebih mudahnya tinggal diketikkan lalu diprint sehingga lebih jelas tulisannya untuk menghindari kesalahan pengiriman.

3. Cara Cek Ongkir POS

Cara kirim surat lewat Pos

Berikutnya kamu bisa cek ongkir POS secara online untuk memastikan biaya kirim dari lokasi asal ke tujuannya. Dalam cek tarif kamu perlu juga memasukkan perkiraan berat paket dan ukuran amplopnya supaya tampil lebih akurat lagi.

Buka laman posindonesia.co.id/id/check-tarif

Lanjutkan dengan memasukkan asal dan tujuan pengiriman pada kolom yang disediakan.

Detail pencariannya pastikan memilih Kiriman Surat

Masukkan perkiraan bobot dokumen.

Kemudian lanjutkan memasukkan ukuran panjang, lebar dan tinggi.

Lalu input estimasi nilai barang dan tekan Cek Tarif

Muncul layanan POS dan juga tarif pengirimannya.

4. Kirim Dokumen Lewat Kantor POS Cabang Terdekat

Cara kirim surat lewat Pos

Setelah itu kamu bisa langsung mengunjungi kantor POS dengan menyiapkan uang untuk membayar biaya kirim. Berikutnya ambil antrian ke Customer Service, setelah dipanggil maka minta untuk mengirimkan dokumen kepada CS.

Selanjutnya CS menimbang bobot dokumen kemudian memasukkan informasi pengirimannya. Kamu akan diberikan informasi bobot dalam hitungan gram, jenis layanan dan juga ongkirnya. Pilih layanan POS sesuai keinginan kalian mulai dari Reguler, Kilat Khusus, Express ataupun lainnya.

Berikutnya bayar biaya kirim dokumen lewat POS kepada CS sesuai jenis layanannya. Setelah selesai kamu akan menerima resi pengiriman yang dapat kalian gunakan untuk melacak kiriman dokumen secara online.

5. Cek Resi Dokumen

Cara kirim surat lewat Pos

Berikutnya kamu bisa gunakan nomor resi dari bukti pengiriman POS untuk melacak dokumen secara online. Nomor resi terletak dibawah barcode biasanya, kamu bisa simpan kemudian cek resi melalui website resmi POS seperti berikut ini.

  • Buka browser kemudian masuk ke laman posindonesia.co.id/id/tracking
  • Ketikkan nomor resi yang didapatkan tardi pada kolomnya.
  • Lanjutkan menekan tombol Cari.
  • Lakukan verifikasi captcha.
  • Pelacakan dokumen POS akan tampil dilayar kalian.

Biaya Kirim Dokumen Lewat POS

Dari cara kirim dokumen lewat POS diatas kalian dapat secara mudah memanfaatkannya kapan saja dibutuhkan. Namun bagi yang ingin mengetahui biaya kirim dokumen lewat POS kalian cek melalui web berikut ini:

https://www.posindonesia.co.id/id/check-tarif

Kirim Dokumen Lewat POS Berapa Hari ?

Kirim dokumen lewat POS sampai 1 sampai 14 hari bergantung kepada jenis layanan yang dipilih oleh pengguna. Pelayanan POS Ekspress menjadi yang tercepat karena memiliki estimasi waktu sampai 1 hari, sedangkan yang terlama adalah Reguler dengan 14 hari.

Akhir Kata

CARA MENULIS KIRIMAN PAKET memang penting diperhatikan supaya dapat sampai kealamat tujuan dengan tepat. Bisa kita ambil kesimpulan bahwa cara mengirim dokumen lewat POS memang sangat mudah dilakukan, terlebih kantor operasional terdekat akan siap membantu kalian.

BERIKAN KOMENTAR ()
Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya di Kolom komentar jika ada bug, atau artikelnya error atau tilisannya salah ya sahabat
 
wisata tradisi game kuliner
close