Review Aplikasi Pospay, Layanan Terbaru Pos Indonesia

Pospay adalah fitur terbaru Pos Indonesia yang melayani sektor keuangan. Lalu, apa saja fungsi beserta keunggulannya?

Yuk temukan jawabannya dalam artikel Finasialku kali in. Selamat membaca!

Apa Itu Pospay

Kemudahan akses digital membawa dampak yang besar untuk sektor keuangan. Hadirnya dompet digital serta e-money membuat transaksi lebih mudah dan cepat.

Searah dengan tren, Pos Indonesia terjun ke layanan pembayaran bertajuk Pospay.

Pospay sendiri merupakan layanan terpadu milik Pos Indonesia yang dapat dimanfaatkan untuk membayar berbagai tagihan, mulai dari top up, angsuran, dan sebagainya.

Semua layanan tersebut bisa didapat dengan mendatangi gerai Kantor Pos terdekat.

Dengan Pospay, kamu bisa mendapat pelayanan yang mudah, cepat, dekat, dan aman berkat teknologi Sistem Online Payment Point (SOPP).

Saat ini telah ada 4.800 jaringan Kantor Pos dan lebih dari 40.000 Agenpos di seluruh Indonesia.

Keunggulan Pospay

Sejak awal peluncurannya, Pos Indonesia memiliki misi untuk menjangkau daerah pelosok di Indonesia. Sebab, banyak desa yang belum tersentuh teknologi, bahkan sekadar sinyal 4G.

Dengan begitu, layanan ini akan membantu masyarakat di daerah tersebut. Beberapa keunggulan Pospay yang dapat kamu rasakan antara lain:

  • Banyak tagihan vital yang bisa kamu bayar melalui Pospay, mulai dari tagihan listrik, telepon rumah dan pasca bayar, PDAM, cicilan kendaraan, dan sebagainya.
  • Memungkinkan kamu mengirimkan uang melalui WeselPos secara real time.
  • Dapat pengguna akses melalui Kantor Pos terdekat. Dengan begitu, pengguna yang tidak memiliki smartphone pun bisa menggunakannya.
  • Pengguna bisa mendatangi Kantor Pos jika mengalami masalah dan berkonsultasi secara langsung. Dengan begitu, pengguna bisa mendapat keterangan dengan jelas. Berbeda dengan pesan teks dan suara di layanan lain yang tidak memiliki gerai.
  • Pospay memungkinkan transaksi lebih dari Rp 10 juta, berbeda dengan e–wallet yang memiliki limit di angka tersebut.
  • Terbitnya PP No. 46 tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran (Postelsiar) sebagai regulasi lanjutan dari UU No. 11/2020 tentang Cipta Kerja di mana tenaga pos diizinkan untuk membuka tabungan pos.
  • Potensi inovasi dengan lebih banyak kolaborasi dengan lembaga negara, badan hukum, atau institusi, misal dengan layanan e-tilang yang berkoordinasi dengan Korlantas POLRI.

Mitra Kerja Pospay

Berikut adalah mitra kerja Pospay yang saat ini tersedia:

  1. PLN: rekening listrik dan token listrik.
  2. Multi finance atau angsuran kredit: Adira Finance, FIF ( Federal International Finance ), BAF ( Bussan Auto Finance), PT Summit Oto Finance/PT Oto Multiartha, WOM Finance, Mega Finance, BFI Finance, MCF/MAF, Mandiri Tunas Finance, Home Credit, ACC Finance, Toyota Finance, BCA Multifinance, NSC Finance, Indomobil Finance, Mandala Finance, Clipan Finance, Kreditplus Finansia, JACCS-MPM Finance, Suzuki Finance, serta layanan lainnya.
  3. Pajak dan penerimaan negara: MPN-G2, PBB, PNBP, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Denda Tilang, 80 Pajak Daerah di Indonesia
  4. PDAM: Palyja, Aetra, ATB Batam dan 229 PDAM lain yang tersedia di Indonesia.
  5. Gas: Perusahaan Gas Negara (PGN), Pertagas Niaga.
  6. Pulsa, paket data, dan komunikasi: Telkom, Telkomsel, Indosat Ooredoo, PT Axiata Axiata (XL dan AXIS), 3 (Tri), Nusapro, Sampoerna Telkom/STI (Net-1), dan Smartfren.
  7. Belanja online: Bukalapak, Lazada, Matahari Mall, Elevenia, MNC Shop, Blibli.com, Tokopedia, Easy Shopping, Pay @ WU (Amazon).
  8. Top up e-money: e-Money Mandiri, Link Aja, Grab Driver, Mobile JKN BPJS KS (Mobile cash).
  9. Pembayaran lain yang tersedia: Zakat, TV kabel, tiket Citylink, tiket KAI.

Mendaftar Menjadi Pospay Agen

Pospay merupakan layanan yang diharapkan bisa secara efektif melayani seluruh masyarakat Indonesia, terutama mereka yang tidak memiliki akses perbankan.

Berikut adalah cara daftar Agen Pospay:

  1. Silakan masuk ke website Pendaftaran (pospay.web.id)
  2. Sebelum mendaftar, pastikan kamu memiliki peralatan yang cukup untuk menjadi agen. Seperti komputer/laptop atau smartphone android, koneksi internet, serta printer.
  3. Sebaiknya kamu juga memiliki tempat pelayanan yang memadai agar pelangganmu nyaman.
  4. Selanjutnya, kamu bisa mengisi formulir pendaftaran yang tersedia. Isikan data dengan benar, mulai dari nama loket, nama lengkap, No. KTP/SIM, tempat/tanggal lahir, alamat, kota, provinsi, kode pos, pekerjaan, nomor handphone aktif, serta email.
  5. Setelah formulir diisi, silakan transfer biaya registrasi ke salah satu nomor rekening yang tersedia a.n Budi Susilo, yakni BCA (3240324449), MANDIRI (1440011350409), BNI (0371800753), atau BRI (655901019027535). Lanjutkan pendaftaran dengan konfirmasi ke email budy@pospay.web.id atau WhatsApp 0852-8888-123-7.
  6. Proses pendaftaran memakan waktu 1 hari kerja. silakan cek email secara berkala untuk memeriksa apakah user ID dan password telah diterima.
  7. Setelah login, silakan pelajari petunjuk instal dan instruksi lain yang tersedia. Jangan lupa mengisi saldo deposit minimal Rp 100.000.
  8. Selamat, kamu sudah menjadi Pospay
Bisa Jadi Pelanggan, Bisa Jadi Pebisnis
Itulah ulasan mengenai Pospay yang merupakan salah satu produk terbaru Pos Indonesia. Kamu bisa menjadi pelanggan atau menjadi agen agar mendapat penghasilan tambahan.

Kamu bisa belajar mengatur bisnis kecil dari sini. Tidak masalah besar kecilnya, yang penting kamu bosnya.
Sumber: Financialku
BERIKAN KOMENTAR ()
Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya di Kolom komentar jika ada bug, atau artikelnya error atau tilisannya salah ya sahabat
 
wisata tradisi game kuliner
close