Paket POS Tidak Bergerak

Paket POS Tidak Bergerak

Paket POS Tidak Bergerak 

POS Indonesia merupakan salah satu jasa pengiriman yang sudah dikenal luas dan banyak penggunanya. Namun tidak selalu layanannya bisa sampai tepat waktu karena kadang ada kendala yang menyebabkan paket POS tidak bergerak. Permasalahan paket POS tidak bergerak memang ada berbagai macam penyebabnya sehingga kalian wajib mengetahuinya.

Pada dasarnya setiap layanan POS akan memiliki estimasi ataupun perkiraan waktu sampai. Ketika paket tidak berjalan sesuai estimasinya maka pelanggan berhak untuk mengajukan komplain atau keluhan.

Kita memang tidak bisa menyimpulkan paket POS tidak diantar ke rumah karena bisa saja ada kendala lain seperti overload atau bahkan keterlambatan update. Kalian sudah disediakan fasilitas cek paket POS secara online yang mudah dimanfaatkan untuk memantau perjalanannya. Namun jika paket POS gagal antar maka kamu wajib tahu bagaimana mengatasinya.

Pengguna layanan POS saat ini memang cukup beragam mulai dari konsumen biasa, pedagang online bahkan sampai pebisnis ekspor impor. Ketika status pelacakannya tidak bergerak pastinya membuat sebagian orang bertanya tanya apa penyebabnya. Tentu ketika terjadi keterlambatan akan ada kerugian yang ditanggung.

Apabila menggunakan asuransi maka ganti rugi paket POS hilang akan dapat diperoleh sehingga pelanggan tidak mengalami kerugian. Tapi jika masalahnya paket POS tidak bergerak maka akan ada beberapa langkah untuk mengatasinya.

Kenapa Paket POS Tidak Bergerak?

Ketika paket tidak bergerak hal yang paling utama adalah mengetahui penyebabnya. Memang ada cukup banyak faktor yang mempengaruhi perjalanan paket dari lokasi awal sampai tujuan. Apabila paham penyebabnya maka dapat dijadikan pengalaman untuk pengiriman selanjutnya supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama.

1. Paket POS Tidak Bergerak Karena Pengiriman Overload

Pertama adalah pengiriman overload dimana kantor POS cabang terdekat dari pengirim tidak bisa memproses paket karena antriannya banyak. Keterbatasan petugas ataupun kapasitas maksimal paket yang bisa ditangani menjadi penyebab utama mengapa timbul antrian. Pada umumnya membutuhkan waktu 1 hari kerja supaya paket kamu bisa dimasukkan ke sistem dan dijadwalkan keberangkatannya.

2. Proses Sortir Lama

Antrian yang panjang juga sering terjadi pada gudang ataupun lokasi sortir POS Indonesia. Karena paketnya banyak maka satu per satu akan dimasukkan kedalam antrian. Proses sortir sendiri berguna untuk memisahkan paket berdasarkan kota atau wilayah tujuannya.

3. Transit Pada Wilayah Tertentu

Pada saat perjalanan paket kadang karena jam operasional membuat paket harus transit untuk menunggu jadwal pengiriman selanjutnya. Paket akan disimpan pada gudang atau fasilitas logistik POS sementara sembari menunggu pemberangkatan.

4. Kantor POS Tutup

Saat paket POS tidak bergerak bisa jadi sudah sampai ke kantor tujuan namun jam operasionalnya sudah tutup. Jadi untuk update status dilakukan pada hari kerja berikutnya, hal ini sering terjadi ketika pengiriman pada malam hari. Memang terlihat paket POS tidak bergerak namun sebenarnya menunggu petugas untuk mengupdate informasinya.

5. Menggunakan Layanan POS Jumbo Ekonomi

Alasan berikutnya adalah pengguna menggunakan layanan POS Jumbo ataupun ekonomis. Seperti yang kalian tahu estimasi pengirimannya bisa sampai maksimal H+14 atau 14 hari sehingga harus sabar menunggu. Disamping itu kendaraan yang digunakan adalah truk atau kapal kargo sehingga update status pengirimannya memang lamban.

6. Jarak Pengiriman Jauh

Bisa jadi paket tidak bergerak karena memang jarak tempuh pengirimannya memang jauh sehingga membutuhkan waktu untuk sampai ke kantor POS tujuan. Apabila masih dalam perjalanan maka status pengirimannya tidak mengalami perubahan, baru setelah sampai petugas akan memasukkan informasinya.

7. Hambatan Saat Pengiriman

Penyebab terakhir adalah kendala dalam perjalanan paket misalnya bencana alam, jajal tutup, kendaraan macet, salah alamat dan lain sebagainya. Saat perjalanan berlangsung memang resikonya cukup banyak sehingga wajib diketahui oleh konsumen.

Cara Mengatasi Paket POS Tidak Bergerak

Lantas bagaimana mengatasi paket POS tidak bergerak? Kalian dapat melakukan beberapa upaya supaya mendapatkan kejelasan status paket dan posisinya. Langkah komplain POS Indonesia juga dapat ditempuh apabila sudah melebihi estimasi. Selain itu kontak call center POS Indonesia akan semakin memudahkan kalian menyelesaikan masalahnya.

Cek Resi POS

Untuk memastikan posisi paket kalian dapat langsung melacak nomor resi yang sudah diberikan. Pelacakan dilakukan paling mudah melalui website POS karena tinggal memasukkan resi dan muncul statusnya. Untuk kalian yang baru pertama kali cek resi POS silahkan simak beberapa langkah berikut.

  • Buka website POSIndonesia.co.id/id/tracking maka muncul tampilan diatas
  • Paste atau ketikkan nomor resi POS pada kolom yang disediakan
  • Verifikasi captcha kemudian tekan Cari
  • Pelacakan paket akan muncul, kalian bisa melihat terakhir posisinya

Ketahui Perkiraan Waktu Sampai POS Indonesia

Setiap pelayanan POS akan memiliki estimasi pengirimannya tersendiri jadi kalian wajib tahu. Ketika memang estimasinya lama memang penanganan POS tidak diprioritaskan sehingga kadang menyebabkan keterlambatan update. Sebagai gambarannya kalian dapat simak perkiraan waktu sampainya dibawah ini.

LayananEstimasi
POS ExpressKeesokan hari (H+1)
POS Kilat Khusus2-4 hari
POS Jumbo Ekonomi14 hari
Instan Plus3 jam
Instan9 jam
Quick International Xpress (QIX)2-5 hari
EMS3-5 hari

Hubungi Call Center POS Indonesia

Cara berikutnya adalah dengan kontak call center POS Indonesia dimana pelanggan akan mendapatkan pelayanan langsung. Dengan tanya paket POS Indonesia kalian akan mendapatkan jawaban mengenai posisi paket serta perjalanannya. Langsung saja hubungi nomor telepon ataupun gunakan fasilitas yang disediakan POS berikut.

Halopos : 1500161
Telegram : @posindonesia_officialbot
Livechat : VIDAPOS
Line : @posindonesia


Kunjungi Kantor POS Terdekat

Cara terakhir adalah dengan komplain POS Indonesia ke kantor terdekat secara langsung. Kalian cukup mempersiapkan nomor resi dan identitas berupa KTP untuk menanyakannya ke petugas. Ketika kalian belum mengetahui alamat kantor POS maka dapat menggunakan fasilitas cek lokasi seperti berikut.

  • Buka alamat POSIndonesia.co.id/id/direction
  • Ketikkan nama kota tujuan pengiriman
  • Tekan Cek Lokasi
  • Akan muncul semua kantor POS cabang diwilayah tersebut, silahkan datangi lokasi terdekat

Penutup

POS Indonesia memiliki layanan call center serta fasilitas pelacak lebih baik. Jadi ketika menjumpai paket POS tidak bergerak langsung saja kalian ketahui penyebabnya kemudian mengambil langkah penyelesaian seperti diatas.

BERIKAN KOMENTAR ()
Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya di Kolom komentar jika ada bug, atau artikelnya error atau tilisannya salah ya sahabat
 
wisata tradisi game kuliner
close