-->

Adsense Right Sidebar

Iklan

Kode Pos Kepulauan Seribu

Tentang Kepulauan Seribu


kepulauan seribu

Kepulauan Seribu adalah merupakan Kabupaten Administrasi dari Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan pusat pemerintahan di Pulau Pramuka. Awalnya Kepulauan Seribu merupakan sebuah Kecamatan dari Kotamadya Jakarta Utara, kemudian pada tahun 1999 ditingkatkan statusnya menjadi Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu . Peningkatan status dari Kecamatan menjadi Kabupaten Administrasi ini dimaksudkan agar bisa mengelola Kepulauan Seribu secara maksimal dalam aspek kelestarian lingkungan, konservasi SDA, ekonomi, kesejahteraan rakyat dan aspek sosial budaya. Dengan landscape alamnya yang didominasi dengan wilayah perairan maka tidaklah mengherankan jika penggerak utama pengembangan wilayah ini ditekankan pada sektor pengembangan budi daya laut dan sektor pariwisata.

Walaupun bernama Kepulauan Seribu ternyata hanya ada 110 pulau yang bisa diidentifikasi sebagai pulau dan 158 pulau hanya berupa gundukan pasir dan terumbu karang. Dari 110 pulau yang tersebut tersebut hanya 11 pulau yang berpenghuni yaitu: Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, dan Pulau Sebira. Disamping itu adalah pulau-pulau lain yang difungsikan sebagai pulau wisata seperti Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Kotok Besar, Pulau Puteri, Pulau Matahari, Pulau Sepa, dan lain sebagainya.

Di wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu ini terdapat suatu kawasan yang merupakan zona konservasi taman nasional laut yang bernama Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu (TNKS). TNKS merupakan kumpulan dari beberapa pulau dengan ketinggian kurang lebih 3 meter dari permukaan laut, dimana pulau-pulau tersebut merupakan gugusan karang yang ditumbuhi dengan aneka tumbuhan dan kaya akan biota laut. Pulau-pulau yang termasuk dalam TNKS yaitu:Pulau Panggang, Pulau Pramuka, Pulau Matahari, Pulau Kotak, dan Pulau Sepa.

Gugusan Kepulauan Seribu dibagi menjadi 3 (tiga) Zona oleh Pemerintah dengan tujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan keseimbangan ekologi. Zona-zona tersebut adalah:
  1. Zona I, ditujukan untuk ekploitasi Sumber Daya Alam (SDA), agar bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan industri.
  2. Zona II, merupakan zona yang berisi pulau-pulau yang diperuntukkan sebagai taman nasional laut  dan untuk pariwisata alam.
  3. Zona III, ditetapkan sebagai kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah.
Suku-suku yang mendiami Kepulauan seribu merupakan campuran dari berbagai suku yang ada di Indonesia. Suku Banten, Mandar, Jawa, Bugis dan Melayu merupakan etnis terbanyak yang menempati wilayah ini.

Letak Geografis Kepulauan Seribu


pulau seribu

Kepulauan Seribu secara sistem koordinat terletak pada 5°24´ - 5°45´ Lintang Selatan dan 106°25´ - 106°40´ Bujur Timur, dengan total luas daratannya adalah 8.7 km2. Kepulauan ini merupakan gugusan kepulauan yang berjumlah sekitar 342 pulau dengan 158 pulau diantaranya hanya berupa gundukkan pasir dan terumbu karang. Proses terbentuknya pulau-pulau di Kepulauan Seribu bukanlah hal yang rumit, pulau-pulau itu terbentuk disebabkan adanya endapan pecahan kerang, koral dan biota laut lainnya dan karena proses dinamika alam semakin lama semakin membesar membentuk daratan baru. 

Lokasi Kepulauan Seribu berada disebelah utara Kota Jakarta Utara, Pulau Bidadari dan Pulau Kahyangan adalah pulau terdekat dari Jakarta Utara, masing-masing kurang dari 9 km perjalanan dari dermaga Muara Angke. dan yang terjauh adalah Pulau Harapan dengan jarak tempuh sekitar 112 km dari dermaga Muara Angke Jakarta Utara.

Objek Wisata Yang Ada di Kepulauan Seribu


Objek Wisata
Alamat
1. Pulau Tidung
Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.
2. Pulau Semak Daun
Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.
3. Pulau Bira

4. Pulau Pari
Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administrasi Jakarta Selatan, DKI Jakarta.
5. Pulau Harapan
Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.
6. Pulau Bidadari
Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.
7. Pulau Pramuka
Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.
8. Pulau Ayer

9. Pulau Kotok

10. Pulau Putri

11. Pulau Sepa

12. Pulau Pantara

13. Pulau Macan

14. Pulau Pelangi


Kecamatan, kelurahan, dan kode pos yang ada di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu


Dengan luas wilayahnya yang beberapa kali lipat dari Kota Administrasi Jakarta ternyata hanya memiliki 2 (dua) kecamatan yaitu Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, dan 6 (enam) kelurahan. Hal ini dikarenakan masih banyaknya pulau-pulau tak berpenghuni di kawasan ini. Berikut ini adalah tabel kecamatan, kelurahan, dan kode pos yang ada di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Kecamatan
Kelurahan / Desa
Kode Pos
1. Kepulauan Seribu Utara
1.  Pulau Harapan
14540
2.  Pulau Kelapa
14540
3.  Pulau Panggang
14530

2. Kepulauan Seribu Selatan
1. Pulau Pari
14520
2. Pulau Tidung
14520
3. Untung Jawa
14510

BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner