Jenis - Jenis Layanan Pengiriman Paket di Kantor Pos Indonesia (Layanan Kurir Domestik)

 PT. Pos Indonesia merupakan perusahaan milik pemerintah yang masih eksis untuk layanan jasa pengiriman paket barang maupun dokumen. PT. POS Indonesia ini merupakan salah satu perusahaan ekspedisi tertua yang di Indonesia. Pengiriman barang maupun dokumen surat - surat kinipun bisa lebih mudah dilakukan. 


Didukung dengan aplikasi real time online tracking sehingga memudahkan kita untuk mengakses posisi keberadaan paket yang kita kirimkan. Selain itu anda bisa pula memilih layanan pengiriman yang bisa disesuaikan sesuai dengan yang kita butuhkan.

Pelayanan konsumen Kantor Pos Indonesia
Pelayanan Konsumen Kantor Pos Indonesia

Dikutip dari laman resmi Pos Indonesia https://www.posindonesia.co.id. Terdapat beberapa jenis layanan pengiriman domestik baik berupa barang maupun dokumen di PT. Pos Indonesia yakni Layanan Jasa Kurir Domestik dan Layanan Logistik Domestik. Untuk Layanan Jasa Kurir Domestik sendiri dibedakan menjadi 6 jenis layanan pengiriman diantaranya :
  1. Layanan Pengiriman Pos Express.
  2. Layanan Pengiriman Pos Kilat Khusus.
  3. Layanan Pengiriman Pos Jumbo Ekonomi.
  4. Layanan Pengiriman Kurir Reguler.
  5. Layanan Pengiriman QComm.
  6. Layanan Pengiriman Q9 (Kyu Nain) Sameday Service.  
Dan berikut ulasan selengkapnya dari masing - masing layanan pengiriman diatas :

1. Layanan Pengiriman Pos Express

Layanan Pengiriman Pos Express PT. Pos Indonesia
Layanan Pengiriman Pos Express

(Kiriman Sehari Sampai, PASTI). Layanan Pos Express merupakan layanan Premium milik Pos Indonesia untuk pengiriman cepat dan aman dengan jangkauan luas ke seluruh kota Propinsi wilayah Indonesia. Layanan ini dapat menjadi pilihan tepat dan terpercaya untuk mengirim paket, dokumen, surat serta barang dagangan online.

Keunggulan Layanan
  1. Layanan ini termasuk layanan premium yang tersedia di semua cabang Utama KantorPos di seluruh Indonesia. 
  2. Memiliki waktu tempuh dengan estimasi kiriman maksimal satu hari sampai sejak barang diposkan. 
  3. Layanan dengan tarif kompetitif dan mampu bersaing dengan jasa pengiriman lain. 
  4. Terdapat asuransi atau jaminan, yakni jaminan kehilangan atau kerusakan kiriman dan pemberian ganti rugi. 
  5. Memiliki fitur lacak status kiriman sehingga posisi dan status kiriman dapat dilacak melalui web resmi Pos Indonesia di www.posindonesia.co.id atau HaloPos 161. 
  6. Tersedia layanan pick up service untuk pelanggan khusus.

Karakteristik Layanan
  1. Maksimal berat kiriman yang dapat diterima adalah 30 kg. 
  2. Maksimal ukuran yang ditetapkan baik kiriman yang berbentuk kotak, gulungan panjang maupun yang tidak beraturan adalah sebagai berikut : 2(lebar + tinggi) ≤ 400 cm, dengan dimensi terpanjang maksimal 150 cm.
  3. Besar tarif ditentukan dengan cara sebagai berikut : Menggunakan berat aktual kirima atau Menggunakan hitungan volumetrik untuk kotak atau gulungan yang dikonversikan menjadi berat dengan rumusan (panjang x lebar x tinggi x 1 kg) : Rp 6.000. 
  4. Penyerahan kiriman dapat disesuaikan dengan permintaan pelanggan, yaitu : Kiriman diantar ke alamat penerima atau Kiriman bisa diambil di Kantorpos tujuan.
  5. Standar Waktu Penyerahan (SWP) adalah H+1 hari.

2. Layanan Pengiriman Pos Kilat Khusus

Layanan Pengiriman Pos Kilat Khusus PT. Pos Indonesia
Layanan Pengiriman Pos Kilat Khusus
Layanan Pengiriman Pos Kilat Khusus PT. Pos Indonesia
Layanan Pengiriman Pos Kilat Khusus

(Jaringan Luas dan Terpercaya). Layanan Pos Kilat Khusus merupakan layanan milik Pos Indonesia untuk pengiriman aman dan cepat dengan jangkauan luas ke seluruh wilayah Indonesia. Layanan ini dapat menjadi pilihan tepat dan terpercaya untuk mengirimkan paket, dokumen, surat serta barang dagangan online.

Keunggulan Layanan
  1. Layanan ini tersedia di semua cabang Pos Indonesia di seluruh Indonesia.
  2. Memiliki jaringan terluas hingga ke seluruh pelosok Indonesia.
  3. Layanan dengan tarif yang lebih hemat serta kompetitif.
  4. Terdapat asuransi atau jaminan, yakni jaminan kehilangan atau kerusakan kiriman dan   pemberian ganti rugi.
  5. Memiliki fitur lacak status kiriman sehingga posisi dan status kiriman dapat dilacak melalui web resmi Pos Indonesia di www.posindonesia.co.id atau HaloPos 161.
  6. Tersedia layanan pick up service untuk pelanggan khusus.

Karakteristik Layanan
  1. Maksimal berat kiriman yang dapat diterima adalah 30 kg.
  2. Maksimal ukuran yang ditetapkan baik kiriman yang berbentuk kotak, gulungan panjang  maupun yang tidak beraturan adalah sebagai berikut: 2(lebar + tinggi) ≤ 400 cm, dengan dimensi terpanjang maksimal 150 cm.
  3. Besar tarif ditentukan dengan cara sebagai berikut: Menggunakan berat aktual kiriman atau Menggunakan hitungan volumetrik untuk kotak atau gulungan yang dikonversikan menjadi berat dengan rumusan (panjang x lebar x tinggi x 1 kg) : Rp 6.000.
  4. Penyerahan kiriman dapat disesuaikan dengan permintaan pelanggan, yaitu Kiriman diantar ke alamat penerima atau Kiriman bisa diambil di Kantorpos tujuan.
  5. Standar Waktu Penyerahan (SWP) H+2 sampai dengan H+7 hari. 

3. Layanan Pengiriman Pos Jumbo Ekonomi

Layanan Pengiriman Pos Jumbo Ekonomi PT. Pos Indonesia
Layanan Pengiriman Pos Jumbo Ekonomi

Layanan Pos Jumbo Ekonomi merupakan layanan milik Pos Indonesia dengan tarif tingkat berat pertama dimulai dari 3 Kg dan setiap satu Kilogram berikutnya sampai dengan tingkat berat 30 Kg.

Keunggulan Layanan
  1. Layanan ini tersedia di semua cabang Pos Indonesia di seluruh Indonesia.
  2. Memiliki jaringan terluas hingga ke seluruh pelosok Indonesia.
  3. Layanan dengan tarif yang ekonomis serta kompetitif.
  4. Terdapat asuransi atau jaminan, yakni jaminan kehilangan atau kerusakan kiriman dan   pemberian ganti rugi.
  5. Memiliki fitur lacak status kiriman sehingga posisi dan status kiriman dapat dilacak melalui web resmi Pos Indonesia di www.posindonesia.co.id atau HaloPos 161.
  6. Tersedia layanan pick up service untuk pelanggan khusus.

Karakteristik Layanan
  1. Maksimal berat kiriman yang dapat diterima adalah 30 kg.
  2. Maksimal ukuran yang ditetapkan baik kiriman yang berbentuk kotak, gulungan panjang  maupun yang tidak beraturan adalah sebagai berikut: 2(lebar + tinggi) ≤ 400 cm, dengan dimensi terpanjang maksimal 150 cm.
  3. Besar tarif ditentukan dengan cara sebagai berikut : Menggunakan berat aktual kiriman, Menggunakan hitungan volumetrik untuk kotak atau gulungan yang dikonversikan menjadi berat dengan rumusan (panjang x lebar x tinggi x 1 kg) : Rp 6.000
  4. Penyerahan kiriman dapat disesuaikan dengan permintaan pelanggan, yaitu : Kiriman diantar ke alamat penerima, Kiriman bisa diambil di Kantorpos tujuan atau Paket dapat dikirim oleh pihak Pos sesuai dengan daerah yang dituju, untuk beberapa daerah akan dikenakan biaya tambahan.
  5. Standar Waktu Penyerahan (SWP) adalah Maksimal H+14. 

4. Layanan Pengiriman Kurir Reguler

Layanan Kurir Reguler Adalah layanan pengiriman dokumen dan barang domestik standar milik Pos Indonesia dengan jaringan terluas ke seluruh wilayah Indonesia.

Keunggulan Layanan
  1. Layanan ini tersedia di semua cabang Pos Indonesia di seluruh Indonesia. 
  2. Memiliki jaringan terluas hingga ke seluruh pelosok Indonesia. 
  3. Layanan dengan tarif yang ekonomis serta kompetitif. 
  4. Terdapat asuransi atau jaminan, yakni jaminan kehilangan atau kerusakan kiriman dan pemberian ganti rugi. 
  5. Memiliki fitur lacak status kiriman sehingga posisi dan status kiriman dapat dilacak melalui web resmi Pos Indonesia di www.posindonesia.co.id atau HaloPos 161. 
  6. Tersedia layanan pick up service untuk pelanggan khusus.

Karakteristik Layanan
  1. Area dan tujuan kiriman jaringan Nasional ke seluruh wilayah Indonesia.
  2. Berat kiriman : Surat  ≥ 2 Kg dan Paket 2 Kg > s.d ≥ 20 Kg. 
  3. Surat menggunakan prangko. 
  4. Maksimal ukuran yang ditetapkan baik kiriman yang berbentuk kotak, gulungan panjang  maupun yang tidak beraturan adalah sebagai berikut: 2(lebar + tinggi) ≤ 400 cm, dengan dimensi terpanjang maksimal 150 cm. 
  5. Besar tarif ditentukan dengan cara sebagai berikut : Menggunakan berat aktual kirima atau  Menggunakan hitungan volumetrik untuk kotak atau gulungan yang dikonversikan menjadi berat dengan rumusan (panjang x lebar x tinggi x 1 kg) : Rp 6.000.
  6. Penyerahan kiriman dapat disesuaikan dengan permintaan pelanggan, yaitu : Kiriman diantar ke alamat penerima, Kiriman bisa diambil di Kantorpos tujuan atau Paket dapat dikirim oleh pihak Pos sesuai dengan daerah yang dituju, untuk beberapa daerah akan dikenakan biaya tambahan. 
  7. Standar Waktu Penyerahan maksimal H + 1.

5. Layanan Pengiriman QComm

Layanan Pengiriman QComm PT. Pos Indonesia
Layanan Pengiriman QComm

Layanan QComm merupakan layanan baru milik Pos Indonesia yang memudahkan pebisnis online untuk mengirimkan barang dagangannya secara tepat waktu. Layanan QComm tersebar di seluruh area pulau Jawa dengan maksimal waktu 2 hari sampai tujuan. Berat maksimal barang yang dapat dikirim sebesar 5 Kg.

Keunggulan Layanan
  1. Memberikan fasilitas online booking. 
  2. Resi otomatis. 
  3. Layanan QComm bisa dilakukan di loket Kantorpos dan Agenpos. 
  4. Tersedianya layanan Pick Up Service Gratis oleh pasukan O-Ranger dengan menghubungi Call Center 161 yang siap melayani 24 jam.
  5. Tersedianya cek saldo real time untuk melihat informasi saldo penjualan terkini. 
  6. Tersedianya layanan COD (Cash On Delivery) atau bayar di lokasi tujuan dengan persetujuan dari pengirim, dengan dilengkapi Aplikasi Payment Posgiro Mobile. 
  7. Tersedianya Notifikasi yang akan dikirim kepada penerima barang sesaat setelah kiriman diPos-kan melalui loket Kantorpos, O-Ranger dan Agenpo.
  8. Terdapat asuransi atau jaminan, yakni jaminan kehilangan atau kerusakan kiriman dan pemberian ganti rugi. 
  9. Memiliki fitur Lacak Status Kiriman sehingga posisi dan status kiriman dapat dilacak melalui web resmi Pos Indonesia di www.posindonesia.co.id atau HaloPos 161.

Bagaimana cara pakai QComm?
  1. Penggunaan QComm sangat mudah, berikut langkahnya.
  2. Registrasi akun Quick Online Booking (QOB) melalui Website QOB link : https://qob.posindonesia.co.id/
  3. Buka rekening Posgiro Mobile (PGM) di Kantorpos terdekat jika ingin menggunakan COD.
  4. Lakukan order kiriman melalui Website QOB.
  5. Pilih metode pengiriman COD atau Reguler.
  6. Cetak dan tempel label kiriman di paket yang akan dikirim.
  7. Hubungi Call Center 161 untuk menjemput kiriman.
  8. Pengiriman reguler akan diantar langsung ke alamat tujuan.
  9. Untuk kiriman COD pengantar Pos akan melakukan janji temu dan pembayaran dilakukan ditempat.
  10. Pembayaran COD memiliki tiga opsi yaitu tunai, transfer Posgiro Mobile (PGM) dan Virtual Account bank.
  11. Pembayaran akan disetor oleh pihak Kantorpos ke rekening Posgiro Mobile (PGM) penjual.
  12. Penjual dapat memantau status kiriman dan saldo transaksi melalui dashboard khusus di Website QOB.

6. Layanan Pengiriman Q9 (Kyu Nain) Sameday Service

Layanan Pengiriman Q9 (Kyu Nain) Sameday Service PT. Pos Indonesia
Layanan Pengiriman Q9 (Kyu Nain) Sameday Service

Q9 Sameday Service merupakan layanan terbaik milik Pos Indonesia yang mampu mendukung kelancaran usaha pembisnis online dan pelaku UKM. Q9 Sameday Service adalah layanan pengiriman dagangan online, paket, dokumen dan surat yang cepat dan aman dalam kota (khusus Pulau Jawa) dan Ibu kota Propinsi untuk kota-kota di luar Pulau Jawa, dengan batas waktu sampai maksimal 9 jam dan batas akhir pengiriman sampai pukul 16.00 waktu setempat.

Keunggulan Layanan
  1. Tarif yang Premium, dihitung per-Kg dengan tingkat berat maksimal paket 5 Kg.
  2. Layanan Q9 Sameday Service bisa dilakukan di loket Kantorpos dan Agenpos.
  3. Tersedianya layanan Pick Up Service Gratis oleh pasukan O-Ranger dengan menghubungi Call Center 161 yang siap melayani 24 jam. 
  4. Tersedianya layanan COD (Cash On Delivery) atau bayar di lokasi tujuan dengan persetujuan dari pengirim, dengan dilengkapi Aplikasi Payment Posgiro Mobile. 
  5. Tersedianya Notifikasi yang akan dikirim kepada penerima barang sesaat setelah kiriman diPos-kan melalui loket Kantorpos, O-Ranger dan Agenpos. 
  6. Terdapat asuransi atau jaminan, yakni jaminan kehilangan atau kerusakan kiriman dan pemberian ganti rugi. 
  7. Memiliki fitur Lacak Status Kiriman sehingga posisi dan status kiriman dapat dilacak melalui web resmi Pos Indonesia di : posindonesia.co.id  atau  di  Halo Pos 161.

Kurang lebih seperti itulah informasi beberapa jenis - jenis pengirman paket barang dan dokumen yang saat ini tersedia di Kantor Pos Indonesia. Anda bisa memilih jenis layanan pengirman sesuai dengan kebutuhan anda. 

Jika anda masih bingung terkait layanan paket apa yang sebaiknya akan diambil, anda bisa menanyakan jenis paket ke bagian penerimaan barang secara langsung yakni melalui teller atau customer service ketika anda sudah tiba di kantor Pos terdekat di kota anda. Dikarenakan tidak semua alamat atau kota penerima paket mendukung semua jenis layanan diatas. Sekian dan semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat.
BERIKAN KOMENTAR ()
Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya di Kolom komentar jika ada bug, atau artikelnya error atau tulisannya salah ya sahabat
 
wisata tradisi game kuliner