TIKI, JNE, Pos Indonesia Kelebihan dan Kekurangannya

POS INDONESIA. Kalian semua pasti kenal dengan ketiga nama perusahaan tersebutkan.  Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang kelebihan dan kekurangan dari ketiga perusahaan jasa pengiriman yang ada di Indonesia.



1.  TIKI


PT. Citra Van Titipan kilat (TIKI) mengawali bisnisnya tahun 1970 di Jakarta. Berbekal pengalaman itu mereka mendapatkan guru terbaik untuk terus berkomitmen dan meningkatkan kualitas layanan bagi konsumen. Di tunjang dengan jaringan yang tersebar luas di Indonesia dengan lebih dari 500 kantor perwakilan TIKI di seluruh pelosok nusantara sebagai bukti nyata bahwa TIKI terus berupaya memberikan yang terbaik kepada konsumen.

Team tiki juga menjelajahi ke penjuru dunia, semuanya dengan kualitas prima dan harga bersaing. Sektor penjualan juga mendorongdan memberikan kemudahan kepada konsumen secara penuh 24 jam untuk melakukan melakukan pengiriman di 5 titik sales counter dengan layanan drive thru. Sistem kerja yang modern dengan teknologi komputer memudahkan untuk memonitor mulai dari awal pengiriman, tracking hingga status penerima, semuanya berlangsung sangat mudah, aman dan nyaman.

Team yang ramah, terampil dan professional siap melayani apapun kebutuhan konsumen dengan baik dan sempurna. Sebagai perintis usaha & pionir yang sangat berpengalaman di bidangnya, TIKI selalu berupaya mengerti dan melayani sepenuh hati dengan mewujudkan harapan pelanggan akan keamanan, fasilitas, efektifitas, efisiensi dan tanggung jawab dalam menangani setiap pengiriman.

Upaya peningkatan kualitas layanan selalu menjadi fokus utama TIKI dalam menjamin kepercayaan pelanggan yang didukung oleh ribuan personil terlatih dan armada transportasi yang tersebar diberbagai titik nusantara dan internasional.

Visi:

untuk menjadi mitra jasa Titipan Kilat yang profesional dan terkemuka di dunia terwujud berkat berbagai varian produk dan layanan yang dapat dipilih dan dinikmati dengan leluasa



Misi :

Membangun usaha jasa pengiriman yang profesional dengan mengedepankan pelayanan pada pelanggan.

Keunggulan :

1. Hemat, karena tarif yang sangat kompetitif dan fleksible.
2. Aman, karena reputasinya yang telah dikenal selama 30 tahun.
3. Pasti, karena memberikan pelayanan yang bergaransi
4._Cepat, karena memiliki pelayanan yang bervariasi, pengiriman ONS atau REGULER.
5. Mudah, karena TIKI memiliki lebih dari 250 cabang di kota-kota besar seluruh Indonesia.
6. Lacak, pengiriman anda dapat dilacak.
7._Sumber Daya Manusia. Dengan adanya pengembangan SDM di TIKI, maka kami dapat lebih baik melayani anda.
8. Penjemputan, sangat praktis dan ekonomis. Anda cukup angkat telepon, semua barang yang akan Anda kirim akan kami jemput tanpa biaya tambahan.
9. Kemudahan Pembayaran

Kekurangan:

Dibidang pelayanan terhadap customer yang dinilai kurang ramah sehingga membuat customer merasa segan dan cenderung dapat mengurangi konsumen.



2.  JNE


JNE merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Nama resminya adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir dan menjadi salah satu perusahaan kurir terbesar di Indonesia.

Visi:

Menjadi perusahaan dengan standar Internasional dibidang jasa distribusi yang mampu melayani kebutuhan segenap lapisan masyarakat dan dapat diterima menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Misi:

·  Memadukan jasa pengiriman, kepabeanan, pergudangan, pendistribusian dalam satu sistem yang terintegrasi secara efektif dan fleksibel.

·  Mendayagunakan jaringan dan infrastruktur yang dimiliki sebagai kontribusi pada proses perputaran roda ekonomi dengan didukung SDM yang professional dan memiliki itegritas moral yang tinggi.

·   Memanfaatkan perkembangan teknologi informasi secara tepat guna.

· Mendorong pertumbuhan usaha yang berkeseinambungan dalam rangka mencapai kesejahteraan karyawan dan senantiasa meningkatkan tanggung jawab sosial.

Kelebihan :

1. Kecepatan, ketepatan waktu dan jaminan keamanan.
2. JNE adalah produk/perusahaan 100% asli Indonesia yang bervisi menjadi perusahaan taraf dunia.
3. Tersedia berbagai service sesuai dengan kebutuhan/kondisi pelanggan (waktu dan budget)
Memiliki beragam produk.
4. Sistem yang sudah online di semua propinsi diseluruh Indonesia yang memastikan keterlacakan informasi status kiriman, kemanan kiriman, keakuratan dan kecepatan informasi dan komunikasi.
5. Kemudahan akses dalam pelacakan pengiriman oleh customer yang bisa diakses via JNE WEBSITE: http://www.jne.co.id
6. Customer service dan layanan informasi/pengaduan terbuka yang siap membantu (via telepon atau email)
7. Bisa mengirim dokumen, paket/barang apa saja (bahkan seperti elektronik, pecah belah, cairan dll)
8. Tersedia fasilitas Customer Credit/Coorporate dengan fasilitas pickup dan kredit dan perjanjian tertentu
9. Pick-up service (layanan penjemputan barang kiriman GRATIS), on call(via telpon/email) dan schedule (terjadwal) dengan ketentuan dan perjanjian tertentu

Kekurangan :

1.Ongkir tak sesuai dengan yang ada di situs resmi JNE. Ongkir juga berbeda pada tiap agen yang sejatinya lokasinya berdekatan/masih satu wilayah. Namun semuanya tetap saja lebih mahal dari yang tertera di situs JNE.

2.AWB number kadang tak dapat dilacak, tahu-tahu dapat sms dari pembeli bahwa barang sudah sampai ke tangan penerima.

3.Lama pengiriman tak sesuai dengan yang tertera di resi pengiriman. Kadang barang yang dikirim jadi rusak atau membusuk saking lamanya di perjalanan. Kiriman dari Medan ke Balikpapan misalnya, kadang sembilan hari belum juga sampai. 


3.  PT POS INDONESIA



Visi:

PT POS INDONESIA senantiasa berupaya untuk menjadi penyedia sarana komunikasi kelas dunia yang peduli terhadap lingkungan yang dikelola oleh SDM yang profesional sehingga mampu memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat serta tumbuh dan berkembang sesuai konsep bisnis yang sehat.

Misi :

a. PT POS INDONESIA penyedia sarana komunikasi yang andal dan terpercaya bagi masyarakat dan pemerintah yang berguna untuk menunjang pembangunan Nasional serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.

b.  PT POS INDONESIA mengembangkan usaha bertumpu pada peningkatan mutu pelayanan melalui penarapan IPTEK tepat guna untuk mencapai kepuasan pelanggan serta memberi nilai tambah yang optimal untuk karyawan, pemegang saham, masyarakat, dan mitra kerja.

Kelebihan:

Pos Indonesia lebih terpercaya dibandingkan produk yang serupa yang memberikan layanan seperti yang dapat diberikan oleh Pos Indonesia karena Pos Indonesia selalu menginginkan kepuasan yang dapat diterima oleh konsumennya yaitu agar masyarakat dapat puas menggunakan produknya. Pos Indonesai sudah dapat diakses dalam bentuk online yaitu mulai tahun 2010 Pos Indonesia meluncurkan produk terbarunya yaitu dengan menciptakan produk online sehingga dimanapun kita berada bahkan tidak di batasi oleh waktu sehingga dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun kita berada. Tarif yang diberikan oleh Pos Indonesia jauh lebih terrjangkau dibandingkan dengan produk serupa yang berjender produk luar negri seperti Fedex, DHL.

Kekurangan:

Pos Indonesia masih kurang terkernal dibandingkan dengan jasa pengiriman yang memang sudah sering dipergunakn oleh orang banyak, karena masyarakat hanya mengetahui bahwa Pos Indonesia hanya dapat melayani jasa pengiriman surat saja. Pos Indonesia baru pada tahun ini mengeluarkan jasa pelayanan online, karena produk jasa pengiriman yang lain telah sejak lama meluncurkan jasa online. Diatas telah kita ketahui beberapa keunggulan dan kelemahan Pos Indonesia sehingga kita dapat mengetahui kinerja Pos Indonesia.


Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan tiga perusahaan jasa pengiriman yang saya dapatkan dari google. Dan berikut perbadingan daari ketiganya :

1. CUSTOMER SERVICE

customer service Jne paling gampang dihubungi dan sangat responsif, sopan ramah dan cekatan. Pos indonesia diurutan kedua, CSnya sopan dan juga responsif namun agak lama ketika menuggu hasil tracking atau status pengiriman. Tiki yang paling buruk, sulit sekali Hotlinenya dihubungi, apalagi ketika diatas jam 3 sore, untuk mengetahui status pengiriman juga lamban dan tidak mau pusing, sering sekali mereka mengatakan untuk menghubungi mereka sesaat lagi.

2. TARIF

Untuk tarif Pos indonesia yang termurah, tarif dokumen dan parcell jauh lebih murah dibanding tiki dan jne, sementara Tiki diurutan berikutnya, Jne masih yang paling mahal walaupun hanya sedikit perbedaan dengan Tiki. 

3. SERVICE AREA

Untuk jasa pengiriman keseluruh indonesia, cuma Pos indonesia yang mampu menjangkau sampai pelosok negeri, door to door. urutan selanjutnya Tiki, area yang dijangkau cukup besar dan dalam. yang terburuk Jne, mereka hanya menjangkau area-area besar, dan umumnya untuk area pedalaman tidak akan pernah bisa dikirim.

Untuk jalur internasional masih Pos indonesia yang paling mumpuni, mereka ada cooperation dengan EMS (paling top markotob dah di jalur internasional!!), cepat dan termurah!! , sementara tiki masih melempar service Internasional kepada FED-EX, itupun tidak menjamin kalau mereka akan menggunakan layanan dan tarif Priority fedex walaupun pengirim telah membayar dengan tarif Priority. untuk Jne saya tidak mengetahui apakah mereka melakukan hal yang sama dengan Tiki, namun sejauh ini saya hanya menggunakan 1 kali pengiriman jalur internasional menggunakan Jne, dan sampai ketujuan dengan cepat dan tepat.

4. SERVICE KILAT

Di pos ada Paket pos kilat khusus, di Tiki ada ss dan ons(One day service) dan di Jne ada ss dan Yes. untuk layanan ini Yes(Yakin esok sampai) dari Jne yang paling baik, karena mereka menjanjikan garansi uang kembali bila barang tidak diterima dalam waktu 1x 24 jam, dan sampai saat ini, paket jasa YES merupakan paket yang paling membuat saya puas, hanya ada 1 kali pending, itu karena adanya gempa bumi, setelah itu paket meluncur dengan sempurna. bila alamat tujuan sedang kosong atau ditinggal si penghuni, mereka dengan segera menkontak psi penerima paket!! ck ck ck mantap!! sementara ons di tiki hampir mirip dengan Yes jne, namun sayangnya kerapkali di Ons tiki melebihi satu hari dari janji yang telah diberikan. sementara Paket pos kilat khusus memiliki kecepatan yang baik setelah Yes Jne, kekurangan pos kilat khusus hanyalah sering kali mengcancel tujuan alamat yang sedang kosong atau ditinggal pergi, padahal seharusnya mereka bisa menghubungi si penerima bila hal itu terjadi.

5. Keseluruhan layanan pengiriman paket / parcell

Keseluruhan jne unggul sedikit dari Pos indonesia, disamping begitu mudahnya mencari cabang-cabang Jne diseluruh daerah, dengan tarif sedikit lebih mahal, terbayar dengan fasilitas dan layanan yg ada. sementara tiki sangat jauh di bawah, soal pelayanan pun sangat disayangkan, beberapa kali cabang-cabang tiki memiliki masalah dengan timbangan dan ukuran, dan beberapa kali saya di hubungi cabang tiki untuk pengajuan uang tambahan karena kesalahan perhitungan volume dan berat parcell, bila tidak setuju maka paket tidak akan dikirim dan akan dikembalikan! padahal itu bukan kesalahan pengirim dan seharusnya jadi tanggung jawab cabang tersebut!

sementara pos indonesia masih terdepan untuk pengiriman pelosok daerah dan jalur internasional, namun sayang tarif lokal dicabang daerah sering kali berbeda-beda hingga sering membingungkan saya, namun selain itu sayangnya service pengiriman juga sering kembali hanya karena alamat yg dituju kosong/tak berpenghuni, padahal alamat yg dituju berpenghuni dan sedang ditinggal pergi.


Kesimpulan

Saya sendiri pernah menggunakan jasa pengiriman JNE karena direkomendasi dari teman dan ketika pertama kali mencoba hasilnya sangat memuaskan. Sebenarnya dari ketiga persuhaan tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Jadi kalau ingin biaya yang murah dalam pengiriman sebaiknya menggunakan jasa POS INDONESIA, selain murah POS INDONESIA mampu menjangkau tempat-tempat terpelosok Indonesia dan bias juga melakukan pengiriman lewat jalur internasional. Namun bila ingin melakukan kiriman cepat sebaiknya menggunakan jasa JNE, karena menurut saya JNE mampu mengirimkan barang tepat waktu, selain JNE juga bisa menggunakan jasa dari TIKI untuk pengiriman kilat. Karena saya hanya menggunakan pengiriman jasa JNE jadi menurut saya sih JNE yang terbaik, karena selama ini saya belum dikecewakan hehe. Tapi semuanya kembali lagi ke kalian, kalianlah yang menentukan mana yang paling baik diantara ketiganya. Wassalam

BERIKAN KOMENTAR ()
Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya di Kolom komentar jika ada bug, atau artikelnya error atau tulisannya salah ya sahabat
 
wisata tradisi game kuliner
close